HPN 2023 Sumut Sukses, Perputaran Uang Capai Rp 50 Miliar

Sabtu, 11 Februari 2023 / 23.00

Mewakili Gubsu Edy Rahmayadi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Basarin Yunus Tanjung didampingi Kadis Infokom Sumut Ilyas Sitorus, menutup Pameran Peringatan HPN 2023 Sumatera Utara di Lapangan Astaka Jalan Williem Iskandar Medan Estate Kabupaten Deliserdang, Sabtu (11/2). (ft-kominfo sumut))

DELISERDANG, KLIKMETRO.COM - Pameran Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara (Sumut) berlangsung sukses dan resmi ditutup, Sabtu (11/2/2023). Perputaran uang diperkirakan mencapai Rp50 milliar, selama HPN yang digelar mulai 7 februari lalu.

Penutupan pameran ini sekaligus menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan peringatan HPN 2023.

"HPN ini berdampak positif, selama enam  hari  berlangsung, diperkirakan ada perputaran uang Rp50 miliar. Ini berasal dari transaksi  yang terjadi antara pengusaha di semua tingkatan dengan para pengunjung selama perhelatan HPN 2023 berlangsung," kata Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat  Basarin Yunus Tanjung,   pada penutupan Pameran HPN 2023 di Lapangan Astaka, Jalan Williem Iskandar, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (11/2/2023).

Selain itu juga disampaikan, bahwa HPN 2023 yang dilaksanakan di Sumut ini merupakan pelaksanaan HPN yang terbesar dan terbaik sepanjang pelaksanaan HPN.

"Mulai  dari persiapan hingga pelaksanaan puncak HPN yang dihadiri Bapak Presiden RI Joko Widodo hingga penutupan hari ini, kita mendapat  pengakuan pengurus pusat maupun pengurus PWI provinsi, mendapat predikat HPN terbaik," jelasnya.

Untuk itu dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi atas kesuksesan HPN 2023 ini. Terutama kepada insan pers, pemerintah Kabupaten/Kota hingga OPD Pemprov Sumut, pelaku UMKM, BUMN dan BUMD dan seluruh masyarakat Sumut.

"Tak ada gading yang tak retak, banyak kekurangan dan kealpaan kami, atas nama Pemprov Sumut kami mohon maaf, ke depan menjadi koreksi dan evaluasi untuk lebih baik lagi," ungkapnya.

Dia juga berharap, semangat kebersamaan dan sinergitas ini merupakan modal untuk melakukan pembangunan bangsa dan negara ini. Karenanya kemitraan pemerintah dengan pers harus terus dibangun.

“Keberhasilan pemerintah akan sia-sia jika tidak tersampaikan kepada masyarakat. Tetapi adanya peran pers melalui pemberitaan hal itu bisa tersampaikan, yang sedang dan akan dilakukan pemerintah untuk masyarakat," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informastika Provinsi Sumut Ilyas S Sitorus dalam laporannya menyampaikan,
berbagai rangkaian kegiatan HPN 2023 telah dilaksanakan dengan sukses, yakni mulai dari ekspedisi geopark, donor darah, seminar stunting, workshop literasi digital media sosial dan entrepreneurship untuk generasi milenial, seruan pers dari Sumut,  dan seminar anugerah jurnalistik Adinegoro, seminar internasional ‘Disrupsi Digital dan Tata Ulang Ekosistem Media yang Berkelanjutan. 

Kemudian juda dialog Anugerah Kebudayaan PWI 2023, Kongres XXVI dan Seminar SPS, Pertemuan Dewan Kehormatan PWI Pusat dengan Dewan Kehormatan PWI se-Indonesia, Seminar Sejarah Pers Perempuan di Sumut, Seminar Internasional ‘Trade, Tourism and Investment Forum North Sumatera, Konvensi Nasional Media Massa, Seminar Olahraga Strategi Sumut dan Aceh Meningkatkan Prestasi Olahraga dan Kebangkitan Ekonomi Daerah dan Seminar Dana Bagi Hasil Perkebunan Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi.

"Kita telah melaksanakan 21 rangkaian kegiatan HPN 2023 yang dihadiri insan pers seluruh Indonesia, pers perwakilan negara dan duta besar negara sahabat," kata Ilyas.

Ilyas juga menyampaikan, untuk memeriahkan Pameran HPN ini ada sebanyak 110 stan, baik dari Pemrov Sumut, PKK Sumut dan Kabupaten/Kota, Dekransda Sumut dan Kabupaten/Kota, OPD Kabupaten/Kota dan pelaku UMKM. Mereka menjual berbagai cendera mata khas Sumut, mulai dari kain songket, kain tenun, pernak pernik HPN dan kuliner, serta aneka minum tersedia di sana.

"Terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi, kepada Bapak Gubernur Edy Rahmyadi, Forkopimda Sumut dan kawan-kawan jajaran OPD, semua pihak yang telah membantu suksesan rangkaian HPN 2023, termasuk kawan-kawan media yang terus menginformasikan perhelatan HPN ini, terima kasih untuk kita semua," ungkap Ilyas S Sitorus yang juga Sekretaris Panitia Daerah HPN 2023.

Turur hadir sejumlah OPD di lingkungan Pemprov Sumut yakni Kapala Biro Hukum Sumut Dwi Aries Sudarto, Kadis Pekerjaan Umum dan  Penataan Ruang Sumut Bambang Pardede,  Kadis Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Sumut Mulyadi Simatupang, Kadis Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian, Kadis Kesehatan Sumut  Alwi Mijahit Hasibuan, Kepala Keuangan dan Aset Daerah Sumut Ismael Parenus Sinaga.

Pada penutupan pameran HPN 2023 tersebut juga diserahkan piala pemenang untuk kategori stan terbaik kepada Kabupaten Deliserdang, stan terbaik kategori media kepada RRI Medan, stan terbaik kategori kuliner kepada Musafir Coffe Medan, stan terbaik kategori UMKM dan Ekonomi Kreatif kepada Kile Stores, stan terbaik HPN expo 2023 kepada Kabupaten Batubara. (red)
Komentar Anda

Terkini