Sosialisasikan Perda SKK, Hj Netty Imbau Masyarakat Manfaatkan Program UHC

Minggu, 26 Februari 2023 / 18.37

Anggota DPRD Medan Hj Netty Juniaty Siregar menyosialisasikan produk hukum Perda Nomor 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, Minggu (26/2/2023). (ft-lubis/klikmetro)

Anggota DPRD Medan Fraksi Gerindra Hj Netty Juniaty Siregar bersama masyarakat saat menyosialisasikan Perda Nomor 4 Tahun 2012, Minggu (26/2/2023). (ft-lubis/klikmetro)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Anggota DPRD Medan Fraksi Gerindra Hj Netty Juniati Siregar menyosialisasikan produk hukum, Peraturan Daerah (Perda)  Nomor 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, Minggu (26/2/2023) di Jalan Selamet Ketaren, Kelurahan Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembung.

Pada kegiatan itu, Hj Netty kembali menyampaikan Pemko Medan telah memberlakukan program Universal Health Coverage (UHC) untuk melayani kesehatan warga secara gratis. 

"Masyarakat Kota Medan sekarang ini sudah bisa berobat gratis hanya dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pemko Medan telah menerapkan program UHC untuk pelayanan kesehatan secara gratis," ujar Hj Netty memulai sosialisasinya.

Politisi Dapil 3 ini juga meyakini masyarakat agar tidak takut berobat meski ada tunggakan BPJS Kesehatan. "Masyarakat tetap dilayani kesehatannya dan tetap gratis walau BPJS tertunggak. Tapi ada prosedurnya, datangi puskesmas induk untuk mendapat rujukan jika rawat jalan,"imbuhnya lagi.

Hj Netty menyampaikan Perda Nomor 4 Tahun 2012 merupakan jaminan untuk melindungi kesehatan masyarakat. Sebab, di dalam Perda disebutkan Pemkot Medan wajib melindungi dan menjamin kesehatan masyarakat.

"Perda juga mengamanatkan kepada Pemkot Medan untuk menyiapkan fasilitas kesehatan, bertanggung jawab mengasuransikan masyarakat menjadi kepesertaan BPJS serta menyiapkan alat kesehatan dan perobatan baik di Pustu, Puskesmas maupun rumah sakit milik Pemkot Medan," sebut Hj Netty menyampaikan isi perda Sistem Kesehatan Kota (SKK) Medan.

Pada kegiatan yang dihadiri ratusan konstituen dan warga ini, Hj Netty juga menerima aspirasi masyarakat. Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut dihadirkan untuk menjawab langsung keluhan masyarakat.

Hadir diantaranya Dinas SDABMBK diwakili Darwin Effendi, Kapuskesmas Mandala Dr Lina Sari Lubis, Dinas Sosial Suherman, Ferry dari BPJS Kesehatan, Lurah Bandar Selanat Andi Kamapati, Kasi Trantib Pariono, Ketua LPM Kecamatan Hendra dan Ketua LPM Bandar Selamat H Aswan Lubis.

Beberapa warga menanyakan bagaimana cara mendapatkan bantuan program pemerintah, seperti KIS, KIP dan PKH.

Di kesempatan sama, Anan, warga Gang Pisang menyampaikan keluhan banjir di kawasannya akibat pembangunan dan tidak ada drainase.

Menjawab soalan Anan, Darwin mengatakan akan menurunkan tim untuk meninjau ke lokasi Gang Pisang.

Darwin juga memaparkan, di sepanjang Jalan Letda Sujono hingga ke Titi Sewa akan dibangun pipa penyedotan air untuk menanggulangi banjir di seputaran Kelurahan Bandar Selamat dan sekitarnya.

Di penghujung acara, Hj Netty berjanji akan menyampaikan aspirasi masyarakat dalam musrenbang untuk ditindaklanjuti di paripurna DPRD Medan. 

Mempererat silaturahmi dengan masyarakat, Hj Netty memberikan beberapa pertanyaan dan menghadiahkan bingkisan bagi yang bisa menjawabnya. (lbs)

Komentar Anda

Terkini