Manajemen PT BSP Kisaran Hambat Kinerja Sejumlah Wartawan Untuk Konfirmasi

Senin, 27 Maret 2023 / 05.00

Kantor PT BSP Kisaran. (ft-ist)

ASAHAN, KLIKMETRO.COM - Dengan alasan harus ada janji terlebih dahulu, Manajemen PT BSP Kisaran diduga telah menghambat kinerja sejumlah wartawan dalam menjalankan tugasnya / konfirmasi.

Pasalnya, beberapa oknum security di pos penjagaan kantor PT BSP Kisaran tersebut melarang sejumlah awak media / jurnalis untuk melakukan konfirmasi terkait persoalan manajemen PT BSP Kisaran menyerahkan sejumlah pelaku pencurian kepada pihak BNNK Asahan pada beberapa waktu lalu.

"Kita kan hanya ingin melakukan konfirmasi terkait persoalan tersebut kepada pihak manajemen PT BSP Kisaran sesuai dengan kode etik jurnalistik. Hal itu bertujuan agar berita yang akan disajikan berimbang. Lantas kenapa mereka (pihak manajemen red) tidak memperbolehkan kita untuk melakukan konfirmasi ya" ,ungkap sejumlah rekan - rekan media / jurnalis, Jumat (24/3/2023).

Dengan alasan harus mempunyai janji terlebih dahulu maupun harus membuat surat resmi, lanjut mereka, merupakan salah satu sikap / cara pihak manajemen PT BSP Kisaran diduga untuk menghalang-halangi dan melarang rekan-rekan wartawan/jurnalis untuk melakukan konfirmasi.

"Seharusnya pihak manajemen PT BSP Kisaran memahami dan mengerti tugas dan fungsi jurnalis / wartawan, karena semua aturan itu telah diatur sesuai dengan Undang-undang No.40 tahun 1999 tentang Pers," tegas mereka.

Dalam undang-undang pokok pers tersebut sudah jelas, lanjut mereka, pada pasal 4 ayat (1) disebutkan Kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara.

Sementara itu, beberapa oknum security / satpam di pos penjagaan kantor PT BSP Kisaran mengaku jika hal tersebut dilakukan atas perintah atasan.

“Atasan yang perintahkan kami agar pihak abang tidak diperbolehkan masuk ke wilayah kantor PT BSP Kisaran sebelum ada buat janji terlebih dahulu. Tadi abang dengar sendiri kan (sambil menunjukkan HP). Jadi bukan kami yang melarang,” ujar beberapa oknum security / satpam sambil menahan sejumlah rekan-rekan wartawan.

Sementara itu, Areal Manager PT BSP Kisaran bermarga Samosir terkesan tidak mau menjawab konfirmasi yang dilayangkan oleh wartawan  melalui via aplikasi WhatsApp. (hy)

Komentar Anda

Terkini