Cuaca Eksrim di Karo, Jalur Jamin Ginting Macet Total

Minggu, 30 April 2023 / 19.41

Kondisi lalu lintas di ruas jalan Jamin Ginting akibat cuaca ekstrem. (ft-ist)

KARO, KLIKMETRO.COM - Cuaca ekstrem melanda Kabupaten Karo sehingga jalanan tergenang, Minggu (30/4/2023). Tak urung kondisi ini pun mengakibatkan lalu lintas macet total. Terutama jalur Jamin Ginting, tepatnya di depan Pabrik Aqua Berastagi, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo.

Dalam amatan wartawan, sekira pukul 15.00 wib, jalanan digenangi air akibat banjir kiriman oleh arus air yang sangat deras dari atas gunung. Arus deras itu membuat para pengendara sepeda motor beberapa kali nyaris terjatuh akibat terseret air.

Ruas jalan di sekitaran Penatapan menjadi terhambat dan macet, baik itu dari arah Kota Berastagi maupun Kota Medan.

Menurut salah seorang warga yang bernama Erwin Ginting saat ditemui dilokasi tersebut mengatakan , memang sering menjadi langganan banjir, apalagi bila terjadi hujan yang cukup deras.

"Sudah sering bang. Apalagi kalau hujan deras. Ini banjir kiriman dari atas gunung Sibayak karena guyur hujan lebat," ucap Darwin.

Sekaitan hal ini, Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH ketika dikonfirmasi wartawan melalui Kasat Lantas AKP Bevan Raga Utama SIK mengatakan, pihaknya telah mengerahkan personel agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas yang panjang dampak dari cuaca ekstrem.

"Saya imbau kepada masyarakat yang ingin melanjutkan perjalanan mudik ke Medan maupun ke arah Berastagi supaya tetap hati-hati. Kita lihat pada saat ini cuaca sangat ekstrem, apalagi melintasi perbukitan seperti sekitar Penatapan dan Tahura Bukit Barisan supaya tetap hati-hati,"imbau Kasatlantas.

Dia menambahkan, jika terjadi kemacetan gara - gara kerusakan mobil supaya jangan saling mendahului dan tetap patuhi peraturan lalu lintas. "Hal ini agar jalan Jamin Ginting tidak macet. Tetap hati-hati, utamakan keselamatan daripada kecepatan," imbuh AKP Bevan Raga Utama SIK.

Sementara itu terlihat di lokasi, personil Kodim 0205/TK bersama Polres Tanah Karo bekerjasama untuk mengatasi kemacetan di Jalan Jamin Ginting di saat macet karena jalan tersebut digenangi air yang begitu deras.

Diperoleh informasi, akibat cuaca ekstrem ini, pemandian Sembahe dilanda banjir bandang. Bahkan menyeret gubuk-gubuk yang berada di pinggiran lokasi wisata tersebut. Dikabarkan juga adanya satu unit mobil terseret arus. Namun hingga berita ini dipublikasikan, belum diketahui pasti adanya korban jiwa atau tidak. (mt)

Komentar Anda

Terkini