Jalan Nasional Tapteng Longsor Belum Ditangani, Jalur Dialihkan

Minggu, 30 April 2023 / 23.32

Kondisi longsordi badan jalan Nasional Sibolga-Tapteng. (ft-ist)

TAPTENG, KLIKMETRO.COM - Badan Jalan Nasional Sibolga-Tarutung, tepatnya di Km 11 Bonandolok, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang longsor 2 hari lalu, sampai kini tak kunjung ditangani.

Akibatnya, jalan yang sering dilalui oleh mobil pribadi dan truk, terutama saat moment arus mudik dan balik Lebaran, belum mampu dilintasi.

"Luas badan jalan nasional yang longsor diperkirakan 10-15 meter. Hanya sepeda motor yang bisa melintasi jalan itu," kata Kepala BPBD Tapteng, Rahman Husein Siregar, Minggu (30/04/2023).

Menurut Rahman, BPBD telah sempat berkoordinasi dengan pihak Balai Jalan Nasional, agar pihaknya mengambil alih proses penanganannya.

"Sesuai hasil koordinasi kita, Balai Jalan Nasional yang tangani, masih melakukan analisis, karena khawatir terjadi longsor susulan," ucap Rahman.

Disebutkannya, penanganan sementara yang sedang dilakukan BPBD dan Polisi, yakni pengalihan jalur lintas menuju jalan Rampa-Poriaha.

"Di simpang Jalan Rampa, kita minta personil di posko pelayanan mudik dan balik lebaran, agar jalur lintas dialihkan ke jalan Rampa-Poriaha," sebutnya.

"Untuk alat berat, kita ambil alternatif jalur tengah wilayah, yaitu di kecamatan Pandan untuk stanby penanganan jika diperlukan," lanjut Rahman. (mt)

Komentar Anda

Terkini