Tak Miliki BPJS, Pemdes Sampali Bantu Warga Berobat ke RS Haji Melalui Program Unregister

Kamis, 28 September 2023 / 19.36

Kusweni Wati, pasien penyakit paru mendapat perawatan di RSU Haji Medan. (ft-lubis/klikmetro)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Berkat kepedulian perangkat Pemerintahan Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Kusweni Wati, warga Dusun 17 Desa Sampali yang menderita penyakit paru-paru akhirnya mendapat perawatan di RSU Haji Medan.

Sebelumnya wanita ini tidak memiliki BPJS Kesehatan dan kesulitan untuk mengobati penyakitnya karena ketiadaan ekonomi. Namun Yudi selaku Kepala Dusun 17 didampingi Eko SS perangkat Desa Sampali bertindak sigap membawanya ke rumah sakit pada Selasa malam (26/9/2023) pukul 22.30 wib dan didaftarkan sebagai pasien unregister.

Semula di rumah sakit, pengurusan administrasinya sempat mengalami kendala untuk mendapat pelayanan kesehatan gratis. Namun pihak Pemdes Sampali segera berkordinasi dengan kecamatan dan dinas sosial, akhirnya pihak RS Haji bisa membantu penanganan perawatan Kusweni Wati.

"Kami bingung mau berobat karena kondisi ekonomi. Untunglah ada Pak Yudi dan Pak Eko yang membantu kakak kami berobat ke RS Haji," kata Ria dan Dani, saudara Kusweni Wati saat ditemui wartawan di kediaman mereka, Gang Tawon II, Dusun 17, Kamis (28/9/2023).

"Saat masuk ke RS Haji itu, kondisi Kak Weni sangat parah Pak. Setelah ditangani oleh Dokter Sufiono Spesialis Paru disana Kak Kusweni berangsur-angsur terlihat mulai membaik dan saat ini sudah bisa bicara melalui video call dengan keluarga. Bahkan sempat bicara dengan kadus Pak Yudi dan Pak Eko menyampaikan ucapan terima kasih,"bilang mereka. 

Keluarga Kusweni Wati pun menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kepedulian Pemkab Deli Serdang melalui Pemdes dan kepala dusun yang sudah membantu warga untuk mendapat perawatan di rumah sakit secara gratis. (lbs)

Komentar Anda

Terkini