Wali Kota Pematang Siantar Hadiri Kick Off Meeting dan Orientasi RPJPD

Selasa, 31 Oktober 2023 / 18.29

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri Kick Off Meeting dan Orientasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Pematang Siantar Tahun 2025-2045. (ft-kominfo pematang siantar)

SIANTAR, KLIKMETRO.COM - Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri Kick Off Meeting dan Orientasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Pematang Siantar Tahun 2025-2045, di Toba Room Batavia Hotel, Jalan Gereja, Selasa (31/10/2023) pagi. 

Menurut dr Susanti, RPJPD merupakan visi dan misi, arah kebijakan, serta untuk pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun yang akan datang. RPJPD ini menjadi pedoman dalam perumusan visi misi dan program calon kepala daerah.

“Momentum ini untuk memastikan RPJPD disusun dengan baik, dan mengikuti tahapan-tahapan sebagaimana tertuang dalam peraturan perundang-undangan,” kata dr Susanti. 

Pada kesempatan ini, dr Susanti menjabarkan pendekatan RPJPD yang mencakup lima pendekatan dari seluruh rangkaian  perencanaan, yakni pendekatan Teknokratik, Partisipatif, Politis, Atas Bawah, dan Bawah Atas.

Selain itu, sambungnya, perencanaan pembangunan daerah juga dilaksanakan melalui kaidah pendekatan. Melalui hal tersebut, diharapkan akan menghasilkan dokumen RPJPD yang berkualitas dan dapat diimplementasikan pada pembangunan. Serta mampu menyelesaikan permasalahan dan menjadi harapan masyarakat Kota Pematang Siantar di masa yang akan datang. 

Dalam hal ini, dr Susanti meminta kepada tim penyusun dan perangkat daerah agar mengikuti kegiatan ini dengan cara seksama dan penuh keseriusan serta dengan sepenuh hati. 

Kepada narasumber, yaitu Dody Virgo CH Sinaga ST MA MEng selaku Pejabat  Fungsional Ahli Madya Badan Perencanaan Pembangunan Nasional  (Bappenas), dr Susanti memberikan apresiasi.

“Beliau anak Siantar yang mendapat posisi atau jabatan strategis di Bappenas,” tukasnya. 

Sebelum menutup sambutan, dr Susanti berharap RPJPD menjadi pedoman pembangunan Kota Pematang Sianțar yang berkelanjutan.

"Kepada seluruh Kepala OPD, Staf Ahli, dan Asisten, diharapkan tetap komitmen dan konsisten mendukung visi misi Kota Pematang Siantar, yakni menjadikan Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” sebutnya. 

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kota Pematang Siantar Dedi Idris Harahap dalam laporannya menyampaikan , Orientasi RPJPD 2025-2045 dilaksanakan selama dua hari, yakni Senin (30/10/2023) hingga Selasa (31/10/2023).

Ia berharap adanya integrasi yang kuat antara RPJPD Nasional dengan RPJP Kota Pematang Siantar. Sehingga dalam 20 tahun ke depan pembangunan Kota Pematang Sianțar selaras dengan pembangunan nasional.

Selanjutnya, dr Susanti Kota menyerahkan cenderamata kepada narasumber Dody Virgo CH Sinaga.

Hadir pada kegiatan ini, Plh Sekretaris Daerah Junaedi Sitanggang SSTP MSi, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, camat, kepala bagian, dan kepala bidang. (pes)

Komentar Anda

Terkini