Warga Keluhkan Pelayanan Bidan Desa Singa

Sabtu, 30 Desember 2023 / 18.55

(foto : istimewa)

KARO, KLIKMETRO.COM - Bidan Desa seyogianya harus bertugas secara maksimal dalam melakukan tugasnya dalam melayani masyarakat di tempatnya bertugas. Ketika sorang di sumpah jabatan, maka dia harus melaksanakan tugas sesuai sesuai dengan sumpah jabatannya. Keadaan ini diduga tidak dilaksanakan oleh seorang bidan di Desa Singa Kecamatan Tigapanah.

Hal tersebut dikatakan salah satu warga kepada wartawan bermarga  Ginting ( 50) saat dikonfirmasi di sekitar Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) Desa Singa pada Jumat, (29/12/2023) 

Ginting mengatakan bahwa Bidan di desanya yang berinisial H, dinilai belum maksimal dalam melakukan pelayanan kesehatan di desanya. 

Menurutnya, masih banyak saudara atau keluarganya yang mau melahirkan harus ke klinik/ Rumah Sakit lain di luar desa. Itu akibat Bidan Desa dinilai belum maksimal melakukan pelayanan ucapnya.

Sama halnya pengakuan seorang ibu bermarga Sembiring (40) mengatakan bahwa, untuk pertumbuhan/ perkembangan dan gizi anak - anak juga perhatiannya sangat minim padahal program pemerintah harus memperhatikan giji dan stanting untuk anak-anak untuk mencapai Indonesia sehat dan generasi yang hebat.

Jika ibu-ibu sehabis dibantu melahirkan dalam kurun waktu tertentu tidak melakukan konsultasi perkembangan dan tumbuh kembang anak balitanya, bidan desa harus proaktif mengunjungi ke rumah yang bersangkutan.

Selain itu sosialisasi, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat memperhatikan pertumbuhan anak balita dengan baik, bidan desa diminta menggalakkan sosialisasi mengenai pentingnya memberikan makanan bergizi, vitamin dan imunisasi bagi anak balita.

Melalui upaya tersebut, diharapkan ke depan anak-anak tumbuh besar secara sehat dan menjadi generasi penerus bangsa yang kuat, sehat, cerdas dan berkualitas. Namun hal ini tidak dapat kami rasakan ungkapnya. 

Maka harapan kami warga agar Dinas Kesehatan Kabupaten Karo memperhatikan hal tersebut, kami membutuhkan Bidan yang betul - betul peduli dan paham tugas pokok fungsinya ujar beberapa masyarakat yang ada di tempat saat konfirmasi tim Media. 

Saat menyambangi kantor Puskesmas pada Jumat, ( 29/12), belum bisa menemui H ( Bidan Desa).

Kadis Kesehatan Kab Karo drg Irna Safrina br Sembiring saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp Sabtu (30/12) terkait Bidan Desa yang didiga tidak maksimal dalam bertugas, mengatakan pihaknya akan segera memanggil bidan yang bersangkutan. (erwin)

Komentar Anda

Terkini