Kanwil Kemenkumham Sumut Sidak Rutan Humbang Hasundutan

Kamis, 29 Februari 2024 / 21.48

Tim Kanwil Kemenhumkam Sumut melakukan inspeksi mendadak di Rutan Kelas IIb Humbang Hasundutan. (ft-ist)
HUMBAHAS, KLIKMETRO.COM - Tim Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum (Kemenhumkam) Sumatera Utara melakukan inspeksi mendadak di Rutan Kelas IIb Humbang Hasundutan, Selasa (27/2/2024) kemarin.

Kepala Subbidang Pengelolan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Leonardo Pandjaitan dalam keterangan diterima, Rabu (28/2/2024) mengatakan bahwa sidak dilaksanakan bertujuan untuk melakukan pembinaan, monitoring, pengawasan dan pengendalian. Selain dari untuk monev layanan pemasyarakatan.

"Kegiatan sidak kali ini bertujuan untuk melakukan pembinaan, monitoring, pengawasan dan pengendalian (bintorwasdal) dan untuk monev layanan pemasyarakatan," kata Leonard.

Leonardo selaku ketua tim sidak menjelaskan bahwa sidak kali ini diawali dengan melakukan razia insidentil penggeledahan badan, dan kamar hunian warga binaan.

Dari penggeledahan, secara umum tidak ditemukan barang-barang terlarang, seperti narkoba dan handphone.

Namun, ada beberapa barang yang diduga dapat memicu gangguan kamtib berupa sendok yang ditajamkan, mancis, paku dan beberapa utas tali. Dan, hasil razia kemudian disita dan dimusnahkan.

Masih dikatakan Leonardo, selain dari penggeledahan juga dilakukan tes urine kepada warga binaan secara acak sebanyak 34 orang. Dari 34, semua hasil negatif. (mt)

Komentar Anda

Terkini