HUT Ke 434 Kota Medan, DPRD Dorong Akselerasi Peningkatan Kapasitas SDM Menuju Kota Global

Rabu, 03 Juli 2024 / 21.09

Ketua DPRD Medan Hasyim SE dalam rapat Paripurna dalam rangka Peringatan HUT ke-434 Kota Medan Tahun 2024, di gedung dewan Jalan Kapten Maulana Lubis No 1 Medan, Senin (1/7/2024). (ft-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan mendorong Akselerasi Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) menuju Kota Global untuk memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, ekonomi, politik dan budaya.

Demikian diungkap Ketua DPRD Medan Hasyim SE dalam rapat Paripurna dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-434 Kota Medan Tahun 2024, di gedung dewan Jalan Kapten Maulana Lubis No 1 Medan, Senin (1/7/2024).

Rapat Paripurna Peringatan HUT ke-434 Kota Medan Tahun 2024 ini dibuka langsung Ketua DPRD Medan Hasyim, S.E didampingi Wakil Ketua, H. Ihwan Ritonga, S.E., M.M., dan H. Rajudin Sagala, S.Pd.I.Para pimpinan Fraksi, serta anggota DPRD Medan lainnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, S.E., Pj Sekda Medan Topan Obaja Putra Ginting.

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Medan seperti Kapolrestabes Medan,Kajari Medan, Dandim 0201 Medan, Kapolres Belawan, Kajari Belawan, Denpom 15 Medan, Danlanud Suwondo, Ketua PN Medan, Kajari Belawan. Para Rektor Universitas Negeri maupun Swasta.

Pimpinan Organisasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan, Camat se Kota Medan, Lurah se Kota Medan, sejumlah Mantan Wali Kota Medan, seperti, Rahudman Harahap, Ahyar Nasution, Alim Ulama.

Hadir juga pimpinan Partai Politik (Parpol), kalangan media, unsur organisasi kemasyarakatan (Ormas), Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama, Tokoh Adat.

Konsul Jenderal Negara-negara sahabat, Ketua TP PKK Kota Medan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Medan, serta undangan lainnya.

Rapat paripurna diawali dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta yang berlangsung secara khidmat.

Dalam pengantarnya, Ketua DPRD Kota Medan menyampaikan, bertumbuhnya Kota Medan tidak dapat dilepaskan dari peran pemerintah kota (Pemko) Medan dan DPRD Medan yang berkomitmen dalam membangun Kota Medan, terlebih dalam mengakselerasi Kota Medan menuju kota global.

Dimana peran DPRD tidak kalah pentingnya melalui penguatan tugas dan fungsinya, baik fungsi pembentukan Peraturan Daerah (Perda), fungsi anggaran dan pengawasan khususnya untuk mendorong pencapaian lima program prioritas Kota Medan.

Termasuk dalam menghadapi isu global seperti kemiskinan, kesehatan, pendidikan, kemacetan, hingga masalah lingkungan seperti banjir.

“Kota Medan akan mengalami transformasi besar dan arah pembangunan akan beralih menjadi kota bisnis yang diharapkan mampu bersaing secara global, serta siap bersaing di panggung internasional,”ungkap Hasyim.

Untuk itu Pemko Medan melalui perangkat daerah terkait harus mempersiapkan sumber daya manusia yang kapabel.

“DPRD Kota Medan mendorong akselerasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia menuju kota global ini untuk memenangkan persaingan di tengah perubahan-perubahan yang berlangsung cepat dalam dunia bisnis, ekonomi, politik dan budaya,”kata Hasyim.

Dengan mengusung tema “Akselerasi Menuju Kota Global”, peringatan Hari Ulang Tahun ke-434 Kota Medan Tahun 2024 ini diharapkan mampu membangun kolaborasi antara masyarakat dengan seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan demi mewujudkan Kota Medan yang maju, sejahtera, dan berdaya saing menuju kota global.

Sementara itu dalam sambutannya, Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., menyampaikan  Pemko Medan menyadari belum semua program yang dikerjakan 100%.

Karena itu, kata Bobby Nasution, Pemko Medan terus bekerja keras dan bekerja cerdas dalam mewujudkan akselerasi Kota Medan menuju kota global.

Sementara  itu, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Dr Drs Agus Fatoni MSi, diwakili Sekda Provinsi Sumatera Utara Ir Arief Sudarto Trinugroho MT dalam sambutannya mengatakan, guna persiapan menuju Indonesia Emas 2045, Kota Medan harus berperan aktif dalam membangun fondasi yang kuat.

Mengakselerasi pembangunan infrastruktur, meningkatkan daya saing ekonomi lokal, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Rapat Paripurna ditutup dengan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan, pemotongan kue dan foto bersama. (mar)


Komentar Anda

Terkini