Jamaah Haji Kloter 3 Asal Sumut Ziarah ke Masjid Nabawi

Kamis, 26 Juli 2018 / 20.02
Jamaah haji kloter 3 dari Sumatera Utara, Indonesia saat ziarah ke Masjid Nabawi, Kamis (26/7/2018).
MADINAH, KMC - Salah satu tempat ziarah yang sering dikunjungi jemaah haji adalah makam Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, yang berada di areal dalam Masjid Nabawi Madinah, kata TPIHI Kloter 3/MES H. Ahmad Zainul Khobir, S.Ag, MM, sewaktu memberikan bimbingan kepada para jemaah haji Asal Kabupaten Mandailing Natal di pelataran Masjid Nabawi Madinah, Kamis (26/7).

Dia juga mengingatkan para jemaah haji sewaktu hendak berziarah ke dalam Masjid Nabawi pertama, membaca doa Bismillah wash-sholatu wassalamu ala Rasulillah. Allahummaftah abwaba rohmatik, kedua, mendahulukan kaki kanan saat masuk masjid.

Ketiga berjalanlah mengarah ke Raudhah yaitu tempat antara makam dan mimbar masjid lalu melaksanakan tahiyat masjid di samping mimbar yang karpet atau sajadahnya berwarna hijau minta dan berdoalah disana, karena Raudhah adalah salah satu tempat yang mustajab untuk berdoa, dan terakhir berziarah ke makam Rasulullah SAW dan dua sahabat beliau, katanya.

Khobir Batubara juga mengatakan kepada para jemaah haji agar tidak berbuat hal-hal berlebihan dan yang dilarang sewaktu berziarah ke makam nabi seperti menangis, meratap ataupun salat di depan makamnya.

Khobir Batubara juga mengingatkan para jemaah agar sewaktu melintas depan makam Rasulullah dan para sahabat agar berdoa untuk kebaikan Rasulullah dan kedua sahabatnya dengan mengucapkan salam, Assalamu'alaika ya Rasulullah, Assalamu'alaika Nabiallah ya Assalamu'alaika ya habibullah assalamu'alaika ya aba bakr, assalamu'alaika ya umara-bnal khattab.

"Jaga akhlak, berlaku sopan dan tunjukkan bahwa jemaah haji Mandailing Natal khususnya dan Indoensia pada umumnya adalah jemaah yang berprilaku baik dan ramah, dan tidak berbuat kericuhan dan kerusakan," katanya.(rel/mar)
Komentar Anda

Terkini