Wakil Walikota Tinjau Perbaikan Jalan Pariama Tuntungan

Rabu, 30 Januari 2019 / 20.33
MEDAN, KMC - Gerak cepat langsung dilakukan Pemko Medan untuk mengatasi amblasnya Jalan Bunga Pariama, Kelurahan  Ladang Bambu, Kecamatan Medan Tuntungan akibat hujan deras sehingga meluapnya Sungai Nangka sehingga menyebabkan terjadinya erosi,  Minggu (27/1) malam. Senin (28/1) petang, jalan  amblas telah berhasil ditangani Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan sehingga bisa dilalui kembali. 
Rabu (30/1) siang, Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau lokasi bersama Kadis PU Kota Medan Kahirul Syahnan, Kabag Humas Ridho Nasution serta Camat Medan Tuntungan Gelora Kurnia Putra Ginting. 
Wakil Wali Kota selanjutnya memberikan sejumlah arahan kepada Kadis PU sehingga penanganan jalan amblas yang dilakukan lebih maksimal dan hasilnya lebih kuat lagi agar tidak amblas kembali. Sebab, berdasarkan pengakuan sejumlah warga, jalan itu amblas sudah dua kali karena ‘terjangan’ arus Sungai Nangka  yang meluap.
Setelah itu mantan anggota DPRD Medan itu mengecek sekitar jalan yang amblas, termasuk Sungai Nangka. Dari pantauan dan pengakuan beberapa warga, Sungai Nangka meluap akibat banjir kiriman dari hulu yang membawa sampah dan pohon tumbang sehingga mengalami penyumbatan di bawah jembatan.
“Lebih baik kita mencegah agar bencana seperti ini tidak terjadi. Apabila kita cepat tanggap, mungkin jalan ini tidak sampai amblas. Untuk itu saya minta agar seluruh camat, lurah dan kepling agar peka dengan kondisi yang ada di wilayahnya masing-masing. Pastikan kondisinya baik dan aman, terutama yang menyangkut saluran parit, drainase maupun sungai,” kata Wakil Wali Kota.
Selain mengatasi jalan amblas, Wakil Wali Kota juga mendapat pengaduan dari salah seorang warga bahwasannya ada jembatan yang ambruk pasca banjir beberapa waktu lalu. Untuk saat ini warga sekitar membuat jembatan darurat dari kayu. Wakil Wali Kota pun langsung meresponnya, apa lagi warga itu menunjukkan gambar jembatan darurat itu melalui handphone.
Setelah melihat dan mencermatinya, Wakil Wali Kota minta kepada Kadis PU untuk mengatasinya. “Saya rasa jembatan itu bisa diatasi dengan menggunakan box culvert. Selain pemasangannya cepat, juga bisa langsung dilalui sehingga aktifitas warga dapat lancar kembali,” ungkapnya. (riz/ril)
Komentar Anda

Terkini