-->

Jokowi Umumkan Ibukota RI di Kalimantan Timur

Senin, 26 Agustus 2019 / 19.30
Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla saat temu pers di Istana Negara.
KLIKMETRO.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengumumkan Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi ibu kota negara Indonesia yang baru. Keputusan itu langsung dinyatakan Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).

“Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanaegara Provinsi Kalimantan Timur,” tutur Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Sebelum mengumumkan lokasi ini, Jokowi menerima dua kajian oleh Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Jumat, (23/8/2019). Dua kajian itu meliputi hasil kajian struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan ibu kota baru.

Selain presiden, pengumuman itu juga dihadiri Wapres Jusuf Kalla, Gubernur Kaltim Isran Noor, Menteri ATR Sofyan Djalil, Menteri PUPR Basuki Hadimuljojo, Menteri PPN Bambang Brodjonegoro, Menteri KLH Siti Nurbaya, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pengumuman terkait pemilihan ibu kota baru ini dapat disaksikan selengkapnya di chanel YouTube Sekretaris Presiden. (int/mar)

Komentar Anda

Terkini