-->

10 Tokoh Karo Ini Akan Ramaikan Bursa Balon Walikota Medan

Sabtu, 05 Oktober 2019 / 16.00
Ketua ICKI DR Ir Budi D Sinulingga bersama para tokoh Karo.
MEDAN, KLIKMETRO - Selama beberapa dekade suku Karo 'berdiam diri' dalam kancah pemilihan kepala daerah Kota Medan. Namun di pilkada 2020 mendatang, para tokoh dari 'bumi turang' ini akan turut meramaikan bursa pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Medan.

Kemunculan mereka bukan tanpa sebab. Namun dengan berbagai pertimbangan karena banyaknya permasalahan dan menilai pemimpin yang layak untuk Medan merupakan sosok tegas, pekerja keras dan berani mengambil keputusan.

"Sosok pekerja keras, tegas dan ikhlas itu merupakan sifat orang Karo. Kita butuh sosok pemimpin yang seperti itu untuk memimpin Kota Medan, "ujar Ketua Ikatan Cendekiawan Karo Indonesia ICKI) DR Ir Budi D Sinulingga MM pada wartawan di Medan, Jumat (4/10/2019)

Dia mengingatkan, peran besar Guru Patimpus Sembiring Pelawi yang mendirikan Kota Medan. Karena kegigihan beliau dan keyakinannya, Guru Patimpus dan istri membuka kawasan hutan antara Sungai Deli dan Babura dan kemudian menjadi Kampung Medan.

"Kriteria pekerja keras, dan tegas itu adalah karakter sesungguhnya dari orang Karo. Jadi inilah masanya Karo memimpin Kota Medan,"ungkap Budi yang merupakan mantan pejabat eksekutif di Pemko Medan dan Pemprovsu ini.

Begitu juga disampaikan Jonni Sitepu SE. "Sudah cukup lama kita berdiam diri, tiba waktunya sekarang kita menunjukkan jati diri meneruskan kedigjayaan Guru Patimpus membangun Kota Medan. Karo Bersatu untuk Kota Medan," ujar mantan Anggota DPRD Kota Medan ini.

Berbagai kriteria dan pertimbangan memunculkan 10 nama bakal calon (balon) Walikota dalam Pilkada Kota Medan. Nantinya jumlah calon ini akan mengerucut pada salah satu yang diputuskan dalam satu kesepakatan bulat ''Karo Bersatu untuk Kota Medan''.

Adapun 10 nama tokoh Karo yang akan meramaikan bursa Pilkada di Medan, yakni;
1. Arya M Sinulingga (politisi muda, pengusaha, leader dan mentor).
2. Arjuna Sembiring (birokrat saat ini Kepala BPBD Kota Medan).
3. Baskami Ginting (politisi senior PDI Perjuangan sekarang Ketua DPRD Sumut).
4. Burhanuddin Sitepu (politisi Partai Demokrat, Anggota DPRD Kota Medan dua periode).
5. Budiman Ginting (Akademisi, Dekan FH USU bergelar Profesor), 6. Mbelin Brahmana (Pengusaha),
7. Rusdi Sinuraya (saat ini Dirut PD Pasar Kota Medan).
8. Robi Barus (politisi PDI Perjuangan Anggota DPRD Kota Medan dua periode).
9. Syaad Afifuddin Sembiring (Akademisi Dosen USU bergelar Profesor). 10. Sidartha Pelawi (pengusaha)

Sepuluh nama yang muncul ini setelah melalui seleksi ketat yang dilakukan tim dari Tokoh Karo mewakili akademisi, cendikiawan, politisi maupun pengusaha.

"Track rekord, kredibilitas dan loyalitas mereka cukup mumpuni, sehingga kami sepakati nama-nama ini akan meramaikan bursa pilkada di Medan," kata Budi. (mar)
Komentar Anda

Terkini