Akhyar : Jaga Kebersihan dan Kurangi Penggunaan Plastik

Jumat, 25 Oktober 2019 / 15.44
Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution memimpin apel gotong royong di Kecamatan Medan Petisah.
MEDAN, KLIKMETRO - Plt. Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi  kembali mengajak dan mengimbau seluruh pihak untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, plastik menjadi sumbangsih terbesar sampah tidak hanya di Kota Medan, tapi juga di hampir semua daerah di Indonesia. Apalagi sifat plastik sulit terurai sehingga menjadi permasalahan saat ini.

Ajakan tersebut disampaikan Plt. Wali Kota ketika memimpin apel persiapan gotong royong di Jalan Piring, Kecamatan Medan Petisah, Jumat (25/10/2019). Selain di Kecamatan Medan Petisah, kegiatan gotong royong ini juga dilakukan serentak di 20 kecamatan lainnya di Kota Medan. Diharapkan, kegiatan ini dapat menggugah kepedulian masyarakat untuk ikut serta menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. 

"Kota Medan ini hanya bisa dibangun dengan semangat kebersamaan. Salah satunya lewat gotong royong. Hari ini kita semua berkumpul di sini harus diikuti dengan rasa keikhlasan sebagai wujud pengabdian bukan paksaan. Kesadaran bahwa kita adalah pelayan bagi masyarakat harus ditanamkan. Kita harus mampu menjadi contoh baik bagi yang lainnya, tentu ini dimulai dari diri sendiri," kata Plt. Wali Kota.

Selanjutnya, didampingi Asisten Umum (Asmum) Renward Parapat, Kadis Lingkungan Hidup Armansyah Lubis, Kadis Kebersihan M Husni, Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Ridho Nasution dan Camat Medan Petisah Agha Novrian, Plt. Wali Kota menekankan khususunya kepada aparatur pemerintahan bahwa kunci keberhasilan adalah jika semua jajaran mampu mengajak masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi berkontribusi dalam membenahi Kota Medan.

"Sehebat apapun aparatur pemerintahan tidak ada artinya tanpa peran serta masyarakat. Terlebih mengenai kebersihan, ini adalah tanggung jawab kita semua. Jangan sampai kita abai dengan kondisi lingkungan kita masing-masing. Komitmen membangun, menjaga dan merawat kebersihan Kota Medan menjadi tugas kita semua termasuk masyarakat. Ingat, kebersihan adalah cerminan diri," bilangnya.

Usai memberi arahan, Plt. Wali Kota selanjutnya membagikan tumbler (botol minum) isi ulang kepada seluruh petugas gotong royong sebagai wujud gerakan sadar lingkungan bebas plastik. Selanjutnya, Plt. Wali Kota mengisi botol tersebut mengisi botol tersebut dengan air dan meminumnya dilanjutkan dengan ramah tamah. (rel)
Komentar Anda

Terkini