Jembatan Sicanang Diabaikan, Warga Geruduk Pemko Serahkan Pengumpulan Koin

Senin, 28 Oktober 2019 / 18.45
Demo warga di depan Balaikota Medan menyoalkan pembangunan Jembatan Sicanang, Belawan.
MEDAN, KLIKMETRO - Sejumlah masyarakat yang tergabung di dalam Forum Masyarakat Sicanang, Medan Belawan, berunjukrasa di Balai Kota Medan, Senin (28/10/2019). Kedatangan mereka untuk menyerahkan koin pembangunan jembatan titi 2 Sicanang yang kondisinya sangat memprihatinkan.

"Tujuan kami kesini adalah untuk mengantarkan koin yang kami kumpulkan pada hari Kamis lalu di Simpang Sicanang yang jumlahnya lebih dari Rp 700 ribu. Koin itu untuk pembangunan jembatan titi 2 Sicanang yang ambruk dan sampai sekarang belum dikerjakan. Padahal ada 13 ribu warga disana yang bakal terisolir," kata perwakilan masyarakat Togu Urbanus Silaen dalam orasinya.

Tak hanya itu, Togu juga mengatakan jika masyarakat menagih perjanjian mereka dengan Pemko Medan yang saat itu diwakili Kadis PU, Khairul Syahnan tanggal 30 Oktober 2018. "Kami ingin mempertanyakan surat perjanjian yang ditandatangani masyarakat bersama pemerintah. Pemko janji jembatan itu akan selesai akhir tahun 2019. Namun hingga kini belum selesai juga. Ada 13 ribu warga yang akan terisolir," ujarnya.

Satu jam setelah orasi, Pemko Medan akhirnya menerima perwakilan aksi dan menggelar pertemuan di Balaikota. Dalam pertemuan itu, Asisten Ekbang Setda Kota Medan, Khairul Syahnan yang juga menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum menyebutkan, belum bisa memberikan kepastian kepada masyarakat terkait proyek jembatan titi dua Sicanang yang telah terbengkalai beberapa tahun ini.

Khairul Syahnan, menyebut proyek perbaikan jembatan titi dua Sicanang telah masuk ke ranah hukum. Di mana, PT Jaya Utama pimpinan Roro Susilowati atau kontraktor sebelumnya melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN). "(Roro) kontraktor sebelumnya kan diputus kontrak karena ketika mereka kerjakan oprit nya amblas. Rupanya mereka tidak terima dan menggugat ke PN. Karena ada gugatan tersebut proyek jembatan titi dua Sicanang belum bisa dilelang," ujarnya saat menerima perwakilan masyarakat Sicanang. (mar)
Komentar Anda

Terkini