Pemkab Sergai Sediakan Lahan untuk Pemakaman Korban Covid-19

Kamis, 16 April 2020 / 21.40
Bupati Sergai Ir H Soekirman meninjau lokasi lahan pemakaman korban corona virus di Desa Sei Rampah Estate.
SERDANG BEDAGEI, KLIKMETRO - Mengantisipasi munculnya permasalahan sosial terkait proses pemakaman korban corona virus atau covid-19, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagei (Pemkab Sergai) menyediakan lahan khusus untuk pemakaman di Desa Sei Rampah Estate, Kecamatan Sei Bamban. 

"Kita sangat berharap lahan ini tidak akan digunakan sampai pandemi berakhir dan status Kabupaten Sergai yang sampai sekarang masih nihil kasus positif Corona dapat bertahan hingga seterusnya," kata Bupati Sergai Ir H Soekirman saat meninjau lokasi lahan untuk pemakaman khusus korban virus corona, Kamis (16/4/2020).

Diinformasikan jika lahan yang luasnya sekitar 800 m2 itu disediakan oleh pihak perkebunan swasta PP Lonsum dan lokasinya strategis serta cukup jauh dari pemukiman warga. 

"Kita akan berusaha menghindari masalah atau gejolak sosial terkait proses pemakaman jika ada warga kita yang berstatus ODP, PDP atau positif covid dengan menyediakan lahan khusus di Rampah Estate,'' ujar bupati yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai ini.

Soekirman menegaskan, pihaknya akan terus berusaha memenuhi kebutuhan ideal Alat Pelindung Diri (APD) bagi seluruh tenaga medis terutama yang terlibat langsung dalam pencegahan dan penanganan pandemi. 

"Ketersediaan APD harus terjamin mulai dari baju hazmat yang sesuai standar, handskun atau sarung tangan medis, masker N95, face shield dan alat pelindung lain mesti memadai. Baik itu dari segi kualitas dan jumlah agar para petugas medis kita dapat bekerja secara maksimal dan tentunya dengan rasa aman,''ujarnya.

Di Kabupaten Sergai sendiri tersedia 4 rumah sakit yang siaga melakukan penanganan pandemi. Yakni, RSUD Sultan Sulaiman di Sei Rampah, RS Pabatu di Kecamatan Tebing Tinggi serta RS Melati dan RS Trianda di Kecamatan Perbaungan.

"Keempat rumah sakit tersebut sudah saya tinjau secara langsung dan keempatnya sudah memiliki ruang isolasi untuk penanganan, walau sarana fasilitasnya masih akan terus ditingkatkan,''kata Soekirman.

Turut hadir dalam tinjauan itu, diantaranya Dandim 0204/DS Letkol Kav. Syamsul Arifin, SE, MTr (Han), Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, MM, Kakan Kesbangpol Drs. Purba Siregar dan perwakilan Camat Sei Bamban. (mar/rel)
Komentar Anda

Terkini