-->

Pemko Medan Disinyalir Tak Miliki Anggaran untuk Berlakukan PSBB

Selasa, 21 April 2020 / 21.55
Ft/ist.
MEDAN, KLIKMETRO - Tidak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar oleh Pemerintah Kota Medan guna pencegahan mewabahnya corona virus, disinyalir lantaran tak memiliki anggaran.

Menurut Anggota DPRD Medan Habiburrahman Sinuraya, Pemko Medan takut memberlakukan PSBB karena tak cukup anggaran untuk menanggung kebutuhan masyarakat.

"Pemko Medan sepertinya takut menerapkan PSBB karena masalah ekonomi, tidak memiliki uang untuk menanggung biaya hidup masyarakat selama PSBB berlangsung," ujarnya kepada wartawan, Selasa (21/4/2020).

Politisi muda itu menyebut APBD Medan 2020 yang nilainya Rp 6 triliun lebih hanya di atas kertas. Menurutnya, satu bulan terakhir realisasi penerimaan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Medan kosong, karena hotel, pusat perbelanjaan, tempat hiburan tutup. Belum lagi adanya pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Kalau PSBB kebutuhan pokok masyarakat ditanggung pemerintah. Mungkin ini masalah ekonomi, Pemko Medan tidak punya uang," tudingnya.

Habib menilai Perda APBD 2020 secepatnya direvisi untuk penanganan Covid-19. "Kalau melakukan percepatan itu, libatkan kami (DPRD). Karena selama ini Gugus Tugas tidak pernah melibatkan DPRD,'' katanya seraya menambahkan, pihaknya bisa membantu pergeseran anggaran agar penerapan PSBB dapat dilaksanakan dengan aman dan kondusif. (mar)
Komentar Anda

Terkini