-->

Pemkab Sergai Gelar Monitoring dan Evaluasi BLT Dana Desa di Kecamatan Pegajahan

Senin, 08 Juni 2020 / 22.14
Bupati Sergai Ir H Soekirman menghadiri monitoring dan evaluasi BLT maupun bantuan sosial di Kantor Camat Pegajahan/
PEGAJAHAN, KLIKMETRO - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai menggelar monitoring dan evaluasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa dan bantuan sosial lainnya terkait pandemi Covid-19. Pelaksanaan ini berlangsung di Kantor Camat Pegajahan, Senin (8/6/2020).

Hadir Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wabup Sergai H. Darma Wijaya, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, perwakilan Kajari, Kepala OPD, Camat Pegajahan Jurna Elvida, SE, Kapus Pegajahan drg. Mayang Sari, Lurah, para Kepala Desa, serta para undangan.

Camat Pegajahan, Jurna Elvida, SE mengatakan Kecamatan Pegajahan telah membentuk Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Pegajahan, himbauan pencegahan Covid-19, membentuk posko siaga Covid-19, dapur umum, pemberian masker, penyemprotan disinfektan, patroli keliling bersama Muspika kelokasi keramaian, pemeriksaan kesehatan serta penyaluran bantuan baik BLT DD, BST, Bantuan Pemprovsu, serta bantuan pihak lain.

Sedangkan dampak sosial, budaya yaitu terbatasnya kegiatan sosial masyarakat, keluarga, dan aktivitas kegiatan sosial lainnya seperti keagamaan, hajatan, dan lain sebagainya. Untuk dampak bidang pendidikan yaitu dihentikannya kegiatan belajar mengajar tatap muka dan digantikan dengan sistem belajar daring.

Untuk itu Kecamatan Pegajahan telah melakukan antisipasi antara lain menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan, memberikan informasi dan menjelaskan tentang mekanisme, update data dan jumlah penerima bantuan serta besaran bantuan guna perbaikan data agar bantuan dapat lebih merata lagi.

Pada kesempatan itu, Wabup H Darma Wijaya menegaskan agar diminimalisir data ganda serta terus update data penerima bantuan baik dari BST, BLT DD, Pemprovsu dan bantuan lainnya guna membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

Sedangkan Dandim 0204/DS, Letkol Kav  Syamsul Arifin mengatakan terus mendukung himbauan Pemerintah Pusat dalam penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 untuk menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Sementara Bupati Sergai Ir H Soekirman berterimakasih dan mengapresiasi atas persentase Camat Pegajahan pada progres penyaluran bantuan masyarakat akibat Pandemi Covid-19 yang cukup transparan serta akuntabel. Artinya saat ini memang dimana-mana jumlah masyarakat terdampak Covid-19 terus meningkat, begitu juga masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan.

Meskipun Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat, namun belum semuanya mampu dipenuhi.

"Selain menunggu proses update data penerima bantuan, perlu juga kita mengupayakan dahulu dengan sekuat tenaga, sebab masih banyak yang lebih susah daripada kita saat ini dan sangat pantas dibantu. Untuk itu mari bersama terus kita fahamkan terus kepada masyarakat agar memberi itu lebih mulia daripada menerima,"pungkas bupati.(mar)
Komentar Anda

Terkini