-->

Sungai Aek Natas Meluap, 185 Rumah Terendam Banjir

Jumat, 24 Juli 2020 / 19.54
Sungai Aek Natas meluap yang mengakibatkan ratusan rumah warga terendam. ft/int/sb
LABURA, KLIKMETRO - Meluapnya Sungai Aek Natas di Kelurahan Bandar Durian, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) mengakibatkan ratusan rumah terendam. Tak hanya itu, akses jalan lintas pun terputus.

Situasi ini menimpulkan kepanikan warga, bahkan ada yang menangis lantaran barang-barang maupun perabotannya terendam air. Diperkirakan tinggi air mencapai satu meter yang menggenangi rumah dan jalanan. Informasi yang diperoleh, sedikitnya ada 185 rumah yang mengalami musibah banjir.

Kabid BPBD Labura Sukardi yang ditemui wartawan di lokasi, mengakui banjir sering terjadi di kawasan tersebut sehingga mengakibatkan macetnya kenderaan bermotor saat melintasi Jalinsum Bandar Durian.

”Banjir datang akibat meluapnya sungai Aek Natas karena curah hujan di hulu sungai cukup tinggi,” kata Sukardi, Jumat (24/7/2020).

Dia memperkirakan, sekira 185 Kepala Keluarga (KK) yang terkena dampak dari banjir ini.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Labura, Sugeng menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, menunjukkan terjadi luapan air yang diperkirakan mulai berlangsung sekitar pukul 03.00 WIB.

Selain merendam rumah dan bangunan fasilitas umum lainnya, air juga menggenangi ruas jalan lintas sumatera (Jalinsum)  terhitung dari Aek Pamingke hingga Kampung Yaman.

Guna mengantisipasi berbagai permasalahan dampak banjir, lanjut Sugeng, personil BPBD Labura telah mendirikan posko, Dinas Sosial, pihak kepolisian dan TNI juga telah terlihat di lokasi sejak meluapnya air kepermukiman warga.

“Selain personil, alat kebencanaan seperti boat karet dan lainnya juga sudah disiapkan, termasuk tenda di lokasi dan dapur umum. Beberapa petugas berjaga-jaga di jalan lintas maupun di permukiman. Warga juga ikut berpartisipasi,” katanya. (in/mar)
Komentar Anda

Terkini