Tinjau Lokasi Food Estate, Traktor Mentan dan Wagubsu Nyaris Terbalik

Sabtu, 12 September 2020 / 22.02
Mentan Syahrul Yasin Limpo, Wagubsu Musa Rajekshah dan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor mengendarai traktor.
HUMBAHAS, KLIKMETRO - Kunjungan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah dan Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor di lokasi Program Food Estate tahap pertama di Desa Ria Ria Humbahas, nyaris berbuah petaka, Jumat (11/9/2020).

Saat mencoba traktor, ketiganya malah hampir terbalik. Uniknya, tiga pejabat ini bukannya takut. Malah tampak riang, meski traktor beberapa kali nyaris terguling.

Berawal ketika Mentan Syahrul Yasin Limpo, Wagub Musa Rajekshah dan Bupati Dosmar Banjarnahor meninjau lokasi Program Food Estate tahap pertama di Desa Ria Ria. Terlihat hamparan lahan yang luas dan beberapa alat pertanian yang siap digunakan pada program food estate.
Dari kejauhan, juga tampak sejumlah traktor sedang berjalan menggemburkan tanah. Melihat itu, Mentan, Wagub dan Bupati pun langsung mencoba mengendarai traktor tersebut. Namun lantaran medan yang cukup sulit, traktor yang dikemudikan oleh Mentan hampir tidak terkendali dengan baik dan hampir terbalik.

Menurut Wagub, ketika traktor hampir terguling, dirinya sengaja tidak langsung turun. Karena menurutnya ini pengalaman langka. Nyatanya, meski hampir terguling, Mentan terus melanjutkannya hingga selesai.

“Pak Mentan, kami terima kasih. Ini pengalaman saya yang pertama. Biasanya di Medan seperti itu naik Jeep, tak pernah naik traktor yang dikemudikan menteri. Ini luar biasa, karena belum tentu 2 kali dikemudikan menteri, tapi tak sampai terguling. Tapi pastilah Pak Menteri niatnya begitu tulus untuk kita,” kenang Wagub.

Wagub juga berharap lahan tersebut benar-benar bisa dikelola dengan baik, sehingga bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat Sumut bahkan Indonesia. “Mudah-mudahan ini betul-betul bisa dikelola. Mudah-mudahan tanaman hortikultura lain bisa ditanam di areal ini,” kata Wagub.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan food estate di Humbahas rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Oktober 2020 mendatang. Untuk itu, Ia melakukan segala persiapan untuk peresmian tersebut. Termasuk melakukan peninjauan dan mencoba alat pertanian yang akan digunakan sepanjang program.

“Saya mau Presiden juga mencoba ini. Saya tadi berusaha terbalik, tapi tak mau itu (traktornya). Ini karena ada Pak Wagub,” ungkap Mentan, sambil berseloroh.

Selain itu, Mentan meminta Forkopimda Kabupaten Humbahas dan Wagub untuk melakukan persiapan teknis mengenai program ini. “Insya Allah Oktober saya bawa Presiden kemari. Karena ini perintah Presiden. Saya kira jaranglah Presiden seperti itu. Dia bilang ke saya buat itu. Itu jadi sesuatu yang baru buat negara ini,” ucap Mentan. (fas)
Komentar Anda

Terkini