-->

KM Aina Jaya Nyaris Tenggelam, Kapal Patroli TNI AL Belawan Selamatkan 4 ABK

Sabtu, 26 Desember 2020 / 11.59

Kondisi KM Aina Jaya.

Petugas patroli TNI AL berupaya mengevakuasi ABK yang kapalnya nyaris tenggelam.

BELAWAN, KLIKMETRO - Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Teluk Nibung Unsur Satrol Lantamal I berhasil menyelamatkan ABK Kapal KM. Aina Jaya yang mengalami kebocoran akibat kandas di Bouy 9 yang nyaris tenggelam Perairan Belawan, Sabtu (26/12/2020).

Peristiwa yang terjadi pada hari Jumat, pukul 17.00 WIB KM. Aina Jaya GT 6 yang dinakhodai oleh Edy Apriyanto (23) sedang berlayar menuju daerah Sawit Seberang untuk mengangkut hasil perkebunan sawit. Namun mendadak kapal menabrak beting/kedangkalan sehingga mengakibatkan kebocoran kapal. Kebocoran ini membuat mesin kapal mati sedangkan mesin alkon yang dipakai untuk membantu menyedot air keluar dari kapal tidak dapat bekerja.

Patkamla Teluk Nibung yang pada saat kejadian sedang melaksanakan patroli alur dengan penuh kesigapan merespon dan segera memberikan bantuan pertolongan dengan mencari kapal yang dapat menarik KM. Aina Jaya dari posisi kebocoran menuju perairan yang terdekat. Dan pada posisi Koordinat 03°48'43" U - 098°43'24"T berhasil dikandaskan. Seluruh ABK yang berjumlah 4 (empat) orang dapat diselamatkan dan dievakuasi ke Patkamla Teluk Nibung untuk pertolongan lanjutan.

Kesigapan dan respon cepat Patkamla Teluk Nibung ini merupakan perwujudan dari perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M. agar seluruh prajurit TNI AL senantiasa menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso segera memerintahkan untuk memberi bantuan sepenuhnya kepada ABK KM. Aina Jaya yang selamat sampai diserahkan kepada keluarga masing-masing. "Ini adalah suatu bentuk rasa tanggung jawab TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal I untuk menjaga keamanan dan keselamatan dengan memberikan pertolongan kepada masyarakat nelayan yang mendapat musibah di perairan Belawan,"ujar I Made Wahyu Santoso.

Sedangkan nama-nama ABK KM. Aina Jaya GT. 6 adalah Edy Apriyanto (23) alamat LK. V Kolam Dalam Kel. Pekan Gebang Kec.Gebang, Darmono (67) alamat Dusun Perumnas Kel. Tanjung Putus Kec. Padang Tualang, Sukirman (40) alamat Dusun III Kr. Gading Kel. Kr. Gading Kec. Labuhan Deli, Subinanto (54) alamat Jl. Pringgan Kel. Pekan Gebang Kec. Gebang.

Akibat kecelakaan ini kerugian yang dialami adalah KM Aina Jaya GT 6 kandas diperairan Bouy 9, sedangkan keempat ABK KM Aina Jaya GT 6 saat ini berada di Patkamla Teluk Nibung untuk mengecekan kesehatan dan menunggu keluarga yang akan menjemput. (trs)
Komentar Anda

Terkini