-->

Pemko Medan Diminta Pulihkan Ekonomi Akibat Pandemi Covid

Sabtu, 05 Desember 2020 / 23.49
MEDAN, KLIKMETRO - Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan Roby Barus minta kepada Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk melakukan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja dan bantuan permodalan usaha serta bantuan terhadap Kelompok Usaha Bersama Ekonomi (KUBE).

“Hal ini dilakukan dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat akibat adanya pandemi covid-19 dan diharapkan menjadi salah satu upaya mendukung program pemerintah pusat melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 tentang program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibet pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19),” kata Robi Barus di Medan, Sabtu (5/12/2020).

Ketua Fraksi PDI P DPRD Medan ini mengingatkan Pemko Medan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Medan agar memberikan bantuan kepada pelaku UMKM. Diharapkan dengan bantuan tersebut dapat mendorong pemulihan perekonomian UMKM dan keluarga akibat pandemi.

“Kita berharap UMKM mampu bertahan di masa sulit ini dan meningkatkan kemampuan ekonomi menjalankan usahanya. Selain itu juga ada sebagian perajin di Kota Medan yang bisa alih usaha untuk mempertahankan perekonomian dengan adanya bantuan dari Pemko,” ungkap Robi seraya menegaskan, penerapan protokol kesehatan (prokes) harus seiring dengan pemulihan ekonomi masyarakat.

Dia juga mengharapkan, program pelayanan kependudukan melalui sistem daring/online yang dimohonkan masyarakat melalui Anjungan Dukcapil Mandiri dan Pengurusan Surat Perizinan dengan aplikasi Sicantik Cluod agar benar-benar diterapkan dan direalisasikan pada tahun 2021.

Terkait rencana pembangunan dan operasional dua unit pelaksana teknis (UPT) pemadam kebakaran di Kecamatan Medan Tuntungan dan Medan Helvetia, Roby minta program ini diprioritaskan Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan pada 2021.

“Karena sangat mendesak pengoperasiannya secepatnya dengan melihat kemajuan pembangunan dan kepadatan penduduk yang meningkat secara signifikan di Kota Medan akhir-akhir ini,” pungkas Robi Barus.  (mar)
Komentar Anda

Terkini