-->

89 Pasien Covid-19 di Sumut Sembuh, Kota Medan Kini Zona Orange

Kamis, 07 Januari 2021 / 18.19

Jubir Satgas Covid-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah.

MEDAN, KLIKMETRO.COM – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) kembali mencatat penambahan angka kesembuhan pasien Covid-19. Hingga Rabu (6/1/2021), tercatat sebanyak 89 orang yang sembuh dari infeksi virus Corona.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah menyebutkan, 89 orang yang sembuh tersebut berasal dari 17 kabupaten/kota. Paling banyak dari Medan 39 orang dan Deli Serdang 21 orang. “Sedangkan selebihnya dari Sergai (5 orang), Pematang Siantar (4 orang), Simalungun (3 orang), Tebing Tinggi (2 orang), Sibolga, (2 orang), Labuhanbatu (2 orang), Dairi (2 orang), Batu Bara (2 orang), Binjai (1 orang), Langkat (1 orang), Tapteng (1 orang), Madina (1 orang), Pakpak Bharat (1 orang), Humbahas (1 orang), dan Paluta (1 orang),” sebut Aris.

Dikatakan Aris, penambahan kasus baru juga terjadi pada angka terkonfirmasi positif Covid-19 yaitu sebanyak 87 orang. Penambahan kali ini diperoleh dari 14 kabupaten/kota. “Medan (41 orang) dan Deli Serdang (24 orang) terbanyak penambahan kasus baru positif. Kemudian, disusul Asahan (5 orang), Tebing Tinggi (4 orang), Binjai (2 orang), Dairi (2 orang), Batu Bara (2 orang), Langkat (1 orang), Karo (1 orang), Simalungun (1 orang), Taput (1 orang), Pakpak Bharat (1 orang), Sergai (1 orang), dan Labusel (1 orang),” ungkap dia.

Ia menuturkan, terkait angka kematian juga mengalami penambahan sebanyak 3 orang yang diperoleh dari Medan 2 orang dan Deli Serdang 1 orang. Dengan penambahan tersebut, akumulasi yang meninggal dunia mencapai 689 orang. “Saat ini diketahui terdapat 2.059 orang penderita Covid-19 di Sumut, baik yang melakukan isolasi mandiri maupun di rumah sakit,” tuturnya.

Lebih jauh Aris mengatakan, status risiko penyebaran Covid-19 di Medan kembali turun dari zona merah (risiko tinggi) menjadi zona oranye (risiko sedang). Hal ini berdasarkan update laporan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah pertanggal 3 Januari 2021 yang disampaikan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pusat di Jakarta, melalui website covid19.go.id.

Dalam update tersebut, juga disebutkan bahwasanya masih terdapat tiga Kabupaten di Kepulauan Nias yang berzona hijau yakni Kabupaten Nias, Nias Barat dan Nias Selatan. Sedangkan untuk zona kuning (risiko rendah) juga terdapat empat Kabupaten/Kota yakni Nias Utara, Padang Sidempuan, Simalungun dan Tapanuli Utara.

“Hingga Rabu (6/1) akumulasi kasus konfirmasi di Kota Medan sudah mencapai sebanyak 9.050 orang. Dari jumlah itu 7.889 orang diantaranya sudah sembuh dan 331 lainnya meninggal. Saat ini, jumlah penderita Covid-19 yang masih ada di Kota Medan mencapai sebanyak 830 orang,” ujarnya.

Sementara, untuk daerah berzona kuning yakni, Nias Utara jumlah akumulasi kasusnya ada sebanyak 12 orang dengan sembilan orang diantaranya sudah sembuh, sehingga hanya menyisakan tiga penderita. Kemudian Padang Sidempuan dari 192 kasus akumulasi 179 diantaranya sembuh dan sembilan lainnya meninggal, sehingga menyisakan empat penderita.

Lalu untuk Simalungun dari 558 kasus akumulasi 481 diantaranya sembuh dan 28 meninggal, sehingga tinggal menyisakan 49 penderita. Berikutnya Tapanuli Utara dari 141 kasus akumulasi 124 diantaranya sembuh dan dua lainnya meninggal sehingga menyisakan 15 penderita.

Sedangkan untuk zona hijau, yakni Kabupaten Nias, Aris mengatakan dari 36 akumulasi kasusnya 35 orang sudah dinyatakan sembuh sehingga menyisakan satu orang penderita. Lalu di Nias Barat dari total 16 kasus, semuanya sudah sembuh dan Nias Selatan dari total 82 kasus 81 orang diantaranya sudah sembuh, sehingga hanya menyisakan satu orang penderita lagi. (*/smp/mar)

Komentar Anda

Terkini