Ribuan Personil Gabungan Patroli Pengamanan Malam Tahun Baru 2021

Jumat, 01 Januari 2021 / 13.30

Ribuan personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan malam tahun baru 2021 di Kota Medan.

MEDAN, KLIKMETRO -  Ribuan personil gabungan yang terdiri dari unsur TNI-Polri bersama Satpol PP Kota Medan dan Dinas Perhubungan (Dishub) dikerahkan untuk melakukan pengamanan malam Tahun Baru 2021. Nantinya, para personil akan melakukan patroli ke sejumlah titik Kota Medan guna memastikan keamanan serta tidak adanya kerumunan di malam pergantian tahun. Sebab, kondisi Kota Medan saat ini masih dilanda pandemi Virus Corona Disease 2019 (Covid 19).

Pelepasan para personil gabungan pengamanan malam Tahun Baru 2021, yang berada di Jalan Bukit Barisan, Medan, Kamis (31/12/2020) malam, dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Administrasi Umum (Asmum) sekaligus Plt Asisten Pemerintah (Aspem) Kota Medan Renward Parapat. Selain itu, pelepasan ini juga turut dilakukan bersama unsur Forkopimda Sumut diantaranya Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin.

Sebagai tanda pelepasan para personil untuk mengamankan malam pergantian tahun baru 2021, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Pangdam I BB Mayjen TNI Hassanudin dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengangkat bendera. Pelepasan para personil ini juga disaksikan unsur Forkopimda yang hadir. 
Setelah dilakukan pengibaran bendera sebagai tanda pelepasan, selanjutnya para personil gabungan mulai bergerak ke titik lokasi pengamanan. Sebagian personil ditempatkan di sekitar kawasan Lapangan Merdeka Medan untuk memastikan tidak adanya masyarakat yang memasuki lokasi yang biasanya kerap menjadi titik kumpul masyarakat untuk melewati malam pergantian tahun.

Usai ikut serta melepas Patroli Gabungan, Asisten Umum Renward Parapat mengatakan, Pemko Medan sangat berterima kasih kepada TNI- Polri yang telah menggelar Patroli Gabungan malam Tahun Baru di wilayah Kota Medan. Apalagi di masa Pandemi Covid 19 ini dikhawatirkan adanya kerumunan masyarakat yang dapat menyebabkan penyebaran Virus Covid 19.

Dijelaskan Renward Parapat, dalam Patroli Gabungan malam Tahun Baru ini, Pemko Medan juga melibatkan Personil Satpol PP dan Dinas Perhubungan serta OPD terkait lainnya. Hal ini sebagai dukungan Pemko Medan untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat khususnya di malam tahun baru 2021.

"Selain itu Unsur Kecamatan dan Kelurahan juga dilibatkan di posko wilayah masing-masing. Kita harapkan Masyarakat tetap mematuhi Protokol Kesehatan dan tidak ada yang berkerumun serta berkumpul di malam tahun baru ini, agar tidak terjadi penyebaran Virus Covid 19. Cukup dirumah saja dengan keluarga menyambut tahun baru 2021," jelas Renward.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin menjelaskan bahwa dalam Patroli Gabungan Malam Tahun Baru 2021 ribuan Personel yang diturunkan baik dari Polda Sumut, Kodam I/BB, Satpol PP Provinsi Sumut dan Satpol-PP Kota Medan. Patroli ini dilakukan guna memastikan masyarakat mentaati Protokol Kesehatan dan  tidak adanya kerumunan di malam Tahun baru. Sebab saat ini Virus Covid 19 sudah ada jenis barunya.

"Personil Kepolisian dibantu TNI dan Unsur Pemda Siap mengamankan malam pergantian tahun baru di Sumut khususnya Kota Medan. Artinya kita ingin memastikan kondisi aman sekaligus memastikan masyarakat mematuhi Protokol Kesehatan salah satunya menghindari kerumunan," jelas Kapolda Sumut.(mar)
Komentar Anda

Terkini