-->

BMKG : 16 Kecamatan di Medan Berpotensi Banjir

Rabu, 03 Februari 2021 / 19.57

Ft/ist.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, Sumut untuk 3 hari ke depan, masih mengalami hujan ringan hingga sedang, terutama di wilayah lereng barat, pegunungan, dan pantai barat, serta sebagian di wilayah lereng timur.

Hal ini berdasarkan analisis kondisi angin, masih terdapat gangguan cuaca berupa Eddy sirkulasi di wilayah perairan barat Sumatera, sehingga untuk wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) terjadi belokan angin yang memicu pertumbuhan awan-awan hujan di daerah tersebut.

“Tapi untuk saat ini, wilayah Sumatera sedang memasuki musim kemarau,” ungkap Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan, Utami Al Khairiyah, Selasa (2/2/2021).

Selain itu, Utami mengatakan, wilayah di Sumut juga masih berpotensi banjir dan longsor pada Februari 2021. Untuk potensi banjir kategori menengah, yakni di Mandailingnatal (Madina), Tapanuli Selatan (Tapsel), Tapanuli Tengah (Tapteng), dan Tapanuli Utara (Taput). Sementara, banjir untuk kategori rendah, ada di Kota Medan. 

“Ada 16 kecamatan berpotensi banjir, yakni Medan Barat, Medan Baru, Medan Belawan, Medan Deli, Medan Helvetia, Medan Johor, Medan Labuhan, Medan Maimun, Medan Marelan, Medan Perjuangan, Medan Petisah, Medan Polonia, Medan Selayang, Medan Sunggal, Medan Tembung, dan Medan Tuntungan,” bebernya.

Kemudian, lanjutnya, wilayah yang berpotensi banjir kategori rendah lainnya di Sumut, di antaranya Deliserdang, Binjai, Karo, Langkat, Tebingtinggi, dan Pematangsiantar.

Sedangkan wilayah di Sumut yang berpotensi longsor pada Februari 2021, kategori menengah hingga tinggi, mencakup Karo, Deliserdang, Labuhanbatu, Langkat, dan Tapanuli, serta wilayah-wilayah lainnya yang terdapat dataran tinggi. 

“Untuk wilayah yang berpotensi longsor kategori tinggi, di antaranya Asahan, Dairi, Humbanghasundutan, Karo, Deliserdang, Madina, Serdangbedagai, Simalungun, Toba, dan Nias,” pungkas Utami. (*/smp)

Komentar Anda

Terkini