Irjen Paulus Waterpauw, Putra Papua Pertama Menyandang Pangkat Komjen Polisi

Kamis, 18 Februari 2021 / 23.50

Irjen Pol Paulus Waterpauw.

KLIKMETRO.COM - Apresiasi yang tinggi penulis sampaikan kepada Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo dengan menunjuk Irjen Pol Paulus Waterpauw sebagai Kepala Badan intelijen Keamanan Polri (Kabaintelkam) Mabes Polri menggantikan Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Keputusan itu tertuang dalam nomor: ST/318/II/KEP/2021 dengan surat Keputusan kapolri nomor /376/II/2021 tertanggal 18 Februari yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang SDM, Inspektur Jenderal Sutrisno Yudhi Hermawan.

Sebelumnya Irjen Paulus menjabat sebagai Kapolda Papua. Sementara itu, Komjen Pol Rycko Amelza kini resmi bergeser menduduki jabatan baru sebagai Kalemdiklat Polri.

Posisi Kapolda Papua yang ditinggalkan oleh Irjen Paulus digantikan oleh Brigjen Pol Mathius D Fakhiri. Fakhiri sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Papua.

Ditunjuknya Irjen Paulus Waterpauw menjadi Kabaintelkam Polri otomatis pangkatnya akan naik satu tingkat menjadi Komjen pol.dan ini akan menjadi sejarah bagi putra asli Papua dengan pangkat Komjen pol tersebut,Paulus Waterpauw akan menjadi putra pertama Papua yang akan menyandang pangkat Komisaris jendral polisi. Ini merupakan satu kebanggaan kepada putra-putri asli Papua.

Secatatan penulis, Irjen Paulus Waterpau merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1987. Pria kelahiran Fakfak Papua Barat dan beristrikan Boru Batak ini sudah malang melintang bertugas di wilayah Papua semasa berdinas di kepolisian.

Setelah lulus Sespim, Paulus kembali ke tanah kelahirannya dengan menjabat sebagai Kapolres Mimika.Dua tahun menjabat Kapolres Mimika, Paulus kemudian dipercaya menjabat sebagai Kapolresta Jayapura pada 2005.

Di tahun 2011 Paulus Waterpauw juga sempat menjabat sebagai Wakapolda Papua, lalu naik jabatan menjadi Kapolda Papua Barat pada tahun 2014. Setahun di Manokwari, Paulus kembali dimutasi ke Jayapura menjadi Kapolda Papua.

Setelah menjadi Kapolda Papua Tahun 2017 lalu, Paulus digeser ke Mabes Polri menjadi Wakabaintelkam. Juni 2017, Pauluskembali diberikan kepercayaan menjabat Kapolda Sumatera Utara hingga Agustus 2018.

Sempat berdinas di Lemdiklat Polri Agustus 2018-September 2019, namun karena karier dan tugas di kepolisian, kembali membawanya pulang kampung dengan menjabat Kapolda Papua untuk yang kedua kalinya pada tahun 2019.

Di akhir masa berdinas di institusi Polri yang tidak sampai 1 tahun lagi, tepatnya Oktober 2021, Kapolri merotasi Irjen Paulus ke Mabes Polri dengan promosi jabatan sebagai Kabaintelkam Polri. (Robert Girsang)

Komentar Anda

Terkini