Wali Kota Medan Ikuti Pembukaan Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2021 Secara Virtual

Rabu, 03 Maret 2021 / 18.33

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengikuti rakor nasional penanggulangan bencana 2021 secara virtual.

MEDAN, KLIKMETRO.COM -  Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 secara virtual dari ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan, Rabu (3/3/2021).

Rakornas tersebut dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir.H. Joko Widodo dan di ikuti oleh para Menteri, Kepala BNPB, Panglima TNI dan Kapolri, serta para Kepala Daerah se-Indonesia.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam sambutan pembukaannya mengatakan, dalam satu tahun ini Indonesia diberi pengalaman dan pelajaran yang sangat luar biasa bukan hanya bencana alam tetapi juga pandemi covid-19. Dalam menghadapi pandemi covid-19 tersebut, sisi kesehatan maupun ekonomi harus di selesaikan secara bersamaan tidak hanya sekala regional ataupun nasional tetapi juga global.

"sebanyak 215 negara mengalami hal yang sama dan mengharuskan kita untuk bekerja cepat, inovatif dan berkolaborasi dengan semua pihak,"kata Presiden Jokowi.

Oleh karena itu Presiden mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran BNPB yg telah mendedikasikan waktunya bekerja menangani kasus pandemi covid-19 ini.

"Pengalaman ini harus kita jadikan momentum dalam memperkokoh ketangguhan,"kata Presiden.

Lebih lanjut, Presiden mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara rawan bencana, tentunya tantangan tersebut harus dihadapi dengan persiapan apalagi jumlah penduduk Indonesia sangat besar.

Karenanya Presiden mengatakan kunci dari penanggulangan bencana tersebut ialah aspek pencegahan dan litigasi bencana.

"Persiapkan rencana yang baik dan detail, jangan sudah terjadi bencana baru kita ribut dan saling menyalahkan,"ujar Presiden.

Terakhir Presiden menegaskan kepada seluruh jajaran agar jangan hanya sibuk membuat aturan, tetapi pelaksanaan di lapangan karena itu yang dilihat masyarakat. Selanjutnya kebijakan mengurangi resiko bencana harus terintegrasi, artinya jangan ada lagi ego sektoral dan ego daerah. Semuanya harus terintegrasi dan saling mengisih. Selanjutnya lagi management tanggap darurat dan kemampuan melakukan rehabilitasi dan rekontruksi secara cepat.

"Kecepatan adalah kunci menyalamatkan dan mengurangi jatuhnya korban,"kata Jokowi seraya kembali menegaskan agar memberikan edukasi tentang kebencanaan kepada masyarakat sehingga masyarakat semakin siap menghadapi bencana.

Wali Kota Medan sendiri mengikuti rakornas secara virtual ini dengan didampingi Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Zain Noval,S.STP MAP dan Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring SSos. (kom/mar)

Komentar Anda

Terkini