LRT Segera Dibangun di Medan, Bobby : Kita Optimalkan Transportasi Massal

Minggu, 30 Mei 2021 / 04.38

Walikota Medan Bobby Nasution mendampingi Kemenhub Budi Karya Sumadi meninjau Stasiun Kereta Api Medan.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Keinginan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution  untuk menjadikan angkutan massal sebagai salah satu angkutan masa depan mendapat dukungan penuh Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Sebagai bentuk keseriusan dukungan, Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi sengaja langsung mendatangi Kota Medan, Sabtu (29/5/2021), guna melihat langsung kondisi ibukota Provinsi Sumatera Utara itu sebagai upaya mewujudkan angkutan massa menjadi angkutan masa depan tersebut.

Dalam peninjauan tersebut, Budi Karya selanjutnya mengungkapkan, perlintasan kereta api di Stasiun Kereta Api yang saat ini hanya  2 track akan menjadi 6 track, sehingga nanti ada track yang menuju ke Binjai menuju Belawan. Dengan demikian masyarakat yang dari Binjai dan Belawan bisa langsung menuju ke Kuala Namu sehingga kereta api menjadi pilihan masyarakat untuk bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.

"Kita memang sedang merencanakan LRT dan memilih Medan sebagai salah satu pilihan untuk dikembangkan selain Bandung. Kami akan finalisasi, tentu membangun LRT harus komplementari dengan jalur kereta yang ada. Tetapi ada jurusan lain sehingga antar kota,  LRT dengan kereta api itu saling melengkapi. Dalam waktu dekat ini, Pak Wali Kota sudah membuat surat kepada kami agar BRT ditingkatkan," kata Budi Karya.

Sementara itu Wali Kota Medan Muhammad  Bobby Afif Nasution SE MM mengatakan, seluruh masyarakat Kota Medan akan diajak untuk menggunakan transportasi massal, bukan menggunakan transportasi umum. Bahkan, ada beberapa kebijakan seperti penertiban parkir dan segala keadaan sejenisnya. "Kami yakini ini akan mensuport bagaimana pembangunan yang Bapak lakukan nanti memperbaiki fasilitas perkertaapian dan fasilitas BRT yang saat ini sudah ada di Kota Medan," harapnya. 

Selain itu Bobby Nasution  juga menambahkan, pengoptimalan ini akan terus diimbangi dengan kebijakan kebijakan agar masyarakat Kota Medan bisa lebih menikmati pembangunan, bisa menikmati transportasi massal. Terkhusus transportasi massal, Pemko Medan akan berupaya mengurangi signifikan kemacetan di Kota Medan.

"Tadi sudah saya sampaikan kepads Bapak Menteri agar kiranya simpangan sempadan antara kereta api dan pengguna lalu lintas lainnya seperti roda dua dan roda empat ini bisa diatasi agar kiranya kemacetan di Kota Medan akibat simpangan sempadan berkurang dengan optimal. Kami berharap kunjungan Bapak kesini membawa keberkahan bagi masyarakat Kota Medan," ungkapnya.(kom/mar)

Komentar Anda

Terkini