-->

Warga Bersama Kades Bandar Tinggi Laksanakan Kegiatan Jumat Barokah Marharoan Bolon Perbaiki Jalan Kabupaten

Sabtu, 29 Mei 2021 / 13.34

Kades Bandar Tinggi bersama warga bergotong royong menimbun jalan yang rusak.

SIMALUNGUN, KLIKMETRO.COM - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiolan Sinaga SH (RHS) yang mencanangkan program Marharoan Bolon diseluruh Nagori dan jajaran Pemkab Simalungun langsung mendapat respon positif dari masyarakat Kabupaten Simalungun.


Menyikapi progam Bupati Simalungun ini, Pangulu (Kepala Desa) Nagori (Desa) Bandar Tinggi, Kec Bandar Marsilam Samsiadi Purba S.Sos MSi langsung melaksanakan kegiatan Jumat Barokah Marharoan Bolon, dengan melaksanakan kegiatan gotong royong bersama warga melakukan penimbunan jalan milik Kabupaten Simalungun yang sudah rusak parah dan berlobang dengan menggunakan material batu Petroun, Jumat (28/5/2021) sekira pukul 08.00 wib sampai selesai.

Pantauan media Klik Metro dilapangan tampak Pangulu Samsiadi Purba dan aparat desa bersama warga turut ambil bagian melakukan kegiatan ini. Tampak juga di wajah mereka bersemangat dan tidak kelihatan kelelahan.

Meskipun menggunakan alat seadanya seperti cangkul, scoop, angkong dan mesin babat yang digunakan untuk pembersihan dan penimbunan jalan yang berlubang di Huta IV dan Huta V Nagori Bandar tinggi, tampak warga dan Pangulu serta aparatnya bersemangat dan penuh keakraban tali persaudaraan.

Pangulu Bandar Tinggi Samsiadi.S.Sos.MSi  mengatakan bahwa sebelumnya program Marharoan Bolon ini dicanangkan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiolan Sinaga SH. "Saya selalu melakukan kegiatan Jumat Barokah bergotong royong di Nagori Bandar tinggi yang saya pimpin ini. Akan tetapi dengan adanya program ini, maka semakin kuat dan wajib saya dukung karena program ini sangat bagus dan dapat mempererat tali persaudaraan dan memperkuat silaturahmi sesama warga dan Pemerintah Nagori dan aparatnya," ujar Samsiadi yang baru satu priode menjabat Pangulu Nagori Bandar Tinggi.

Masih kata Samsiadi,
Kegiatan yang dilakukan dengan melakukan penimbunan jalan yang rusak parah dan berlobang ini merupakan jalan akses Kabupaten Simalungun menuju Kabupaten Batu Bara.

Saat disinggung awak media terkait bahan materialnya batu petroun diperoleh darimana, Samsiadi menjelaskan bahwa Dia menjalin kerja sama dengan pengusaha yang ada di sekitar sini. "Bapak H.Girun pemilik UD Lestari yang beralamat di jalan kabupaten Batu Bara inilah yang rela memberikan bantuan batu petroun kepada kami,"ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Agus Manto yang ikut dalam kegiatan Marharoan Bolon (Gotong royong) mengapresiasi  program Bupati Simalungun ini. "Karena program ini mengajak agar seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun peduli terhadap Nagorinya masing- masing dalam pembangunan. Selain itu program ini dapat mempererat persatuan dan kesatuan dan tetap mengedapankan kebersamaan dan tali persaudaraan," kata Agus Manto.

Masih kata Agus Manto, kegiatan gotroy yang dipimpin Pangulu Samsiadi Purba di hari Jumat Barokah ini selalu dilakukan. "Dia juga melakukan kegiatan gotong royong berpindah pindah lokasi. Hari ini di huta (dusun), Minggu depan di Huta yang lain.Jadi setiap dusun semua digilir untuk bergotong royong," ucap Agus.

"Saya juga melihat setiap kegiatan ini Pangulu ikut bekerja bersama warga membersihkan dan memperbaiki apa yang sedang dikerjakan,"imbuh Agus seraya berharap agar Samsiadi Purba bersedia kembali mencalonkan diri menjadi Pangulu priode kedua di Nagori Bandar Tinggi kec Bandar Marsilam Kabupaten Simalungun karena tahun 2022 jabatannya berakhir. Sehingga akan dilaksanakan pemilihan langulu serentak di Kabupafen Simalungun pada 2020 nanti. (hasudungan)
Komentar Anda

Terkini