Gunung Sinabung Erupsi, Status Level III, Dihimbau Jauhi Zona Merah

Senin, 19 Juli 2021 / 22.46

Erupsi Gunung Sinabung.

KARO, KLIKMETRO.COM - Gunung Sinabung yang terletak di Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi, Senin (19/07/2021) sekitar pukul 18.50 wib. Bahkan debu Sinabung mencapai kawasan Namorambe sekitarnya.

Kepala Penjaga Posko Gunung Sinabung, Armen Putra pada wartawan mengatakan, Gunung Sinabung erupsi dengan tinggi kolom abu teramati ±1.000 m di atas puncak (± 3.4560 m di atas permukaan laut).

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara, erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 86 mm dan durasi ± 11 menit 2 detik ” ujar Armen Putra.

Kalau saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dan diharapkan masyarakat dan pengunjung /wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi dalam radius 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 Km untuk sektor timur utara.

"Jika terjadi hujan abu, diharapkan masyarakat memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim didekat sungai sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” harap Armen. (Erwin)

Komentar Anda

Terkini