Optimalkan Penanganan Covid-19 di Medan, Bobby Akan Berkantor di Kecamatan Zona Merah

Senin, 16 Agustus 2021 / 20.20

Walikota Medan Bobby Nasution saat paripurna DPRD Medan.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Wali Kota Medan Bobby Nasution akan berkantor di kecamatan yang masuk zona merah Covid-19. Hal itu untuk memaksimalkan penerapan PPKM Mikro di lingkungan agar penanggulangan Covid-19 di Medan lebih cepat dan akurat.

Hal itu disampaikan Bobby usai mendengarkan arahan Presiden RI Joko Widodo di Ruang Rapat Paripurna DPRD Medan, Senin (16/8/2021).

"Nanti saya juga Sekda akan berkantor di Kecamatan yang zona merah. Kita mau lebih optimalkan penerapan PPKM Mikro di lingkungan. Kita sudah punya contoh isolasi lingkungan yang berhasil di Kelurahan Mangga Medan Tuntungan. Nanti Camat, Lurah, Kepling harus bekerja dengan lebih cepat dan benar. Forkompinda sudah kerahkan pasukan itu harus bisa dimanfaatkan," kata Bobby.

Pemko Medan kata Bobby, dengan serius dan sungguh-sungguh menjalankan empat instruksi presiden untuk mempercepat penanganan Covid-19. Pertama adalah membatasi mobilitas masyarakat. Untuk yang satu ini, Pemko Medan masih melakukan penyekatan jalan utamanya yang berbatasan langsung dengan Kota Medan.

Kemudian Presiden instruksikan agar terus lakukan tracing dan testing yang juga terus dilakukan di wilayah Pemko Medan. Kemudian Bobby menyahuti instruksi agar mendirikan pusat Isolasi Terpadu atau Isoter. Saat ini ada dua pusat Isoter di Medan yakni Eks Hotel Soechi Medan dan Gedung P4TK. Dalam waktu dekat bahkan akan diluncurkan Isoter terapung di atas Kapal Motor di Belawan.

"Informasi terbaru dari Kemenhub, kapalnya sudah tiba di Belawan hari ini. Tapi belum bisa langsung kita gunakan. Kami akan kolaborasi dengan Kemenkes dan BPBD untuk jadikan kapal itu layak untuk merawat masyarakat. Kami akan isi Nakesnya, Alkesnya, bed nya dahulu. Nanti akan ada 485 bed di kapal tersebut," kata Bobby optimis.

Kemudian Bobby bilang pihaknya sesuai instruksi keempat Presiden agar mengoptimalkan Vaksinasi. Sampai saat ini dari target 1,9 juta jiwa yang akan divaksin sudah berjalan sekitar 400 ribuan warga yang vaksin dosis pertama dan 300 ribuan yang sudah vaksin dosis kedua.

"Animo masyarakat kita untuk vaksin sangat tinggi. Maka nanti ketika vaksin terdistribusi kita akan terus melakukan vaksinasi," lanjut Menantu Presiden Jokowi itu.

Di sisi lain, Bobby kembali menegaskan bahwa siapapun masyarakat Medan yang menderita Covid-19 agar memanfaatkan fasilitas yang disiapkan Pemko Medan.

Mulai perawatan gratis di Rumah Sakit dan lokasi Isoter hingga pemberian makan dan vitamin yang juga gratis, bagi masyarakat yang melaksanakan Isolasi Mandiri di rumah.

"Saya terus tegaskan kepada perangkat saya Camat, Kepling agar mendata siapa saja warganya yang kena. Nanti akan kita bantu, kita beri makan tiga kali sehari makanan yang baik bergizi. Vitamin dan obat-obatan juga gratis kita berikan kepada masyarakat," papar suami Kahiyang Ayu itu.

Terakhir, Bobby meminta kepada masyarakat yang ingin merayakan 17 Agustusan besok agar tetap mematuhi Prokes.

"Terkait 17an di masyarakat jangan sampai tak indahkan Prokes. Dengan kegiatan 17an tak pula menggugurkan PPKM. Jadi saya ingatkan semua masyarakat agar terus disiplin dalam Prokes. Kan itu juga jadi semangat kita semua dalam dirgahayu 76 tahun ini kita mau semuanya sehat," kata Alumni Magister IPB Bogor itu. (mr)

Komentar Anda

Terkini