-->

Tak Ada Hajatan, Pedagang Keluhkan PPKM Bikin Dagangan Sepi

Minggu, 15 Agustus 2021 / 18.36

Suasana di Pasar Simpang Limun.

MEDAN, KLIKMETRO.COM – Diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Medan, meresahkan pedagang. Bagaimana tidak, PPKM menerapkan batasan waktu bagi pedagang kuliner. Selain itu, acara pesta maupun hajatan dilarang.

Hal ini pun berimbas kepada pedagang sembako dan sayur mayur. Walau harga bahan pokok cukup stabil tetapi tidak ada pembeli.

Seperti disampaikan pedagang di Pusat Pasar Medan, Sadarka Tamba menjelaskan PPKM diperpanjang berdampak dengan stok kebutuhan pokok berlimpah, karena penjualan terus menurun.

“Harga-harga masih stabil seperti hari ini harga cabai merah Rp24.000/kg, cabai hijau Rp20.000/kg, cabai rawit Rp 26.000 /kg. Sedangkan harga bawang merah ada dua jenis yang asal Jawa Rp30.000/kg, yang lokal asal Samosir Rp26.000/kg. Kalau harga bawang putih Rp26.000/kg. Sementara untuk harga tomat Rp8.000/kg,” sebut Sadrak.

Penjualan sepi disebabkan para pelaku usaha kuliner membatasi pembelian, karena ada pembatasan jam operasional hingga pukul 20.00 WIB selama penerapan PPKM di Kota Medan, ditambah daya beli masyarakat terus menurun.

Sadarka juga mengatakan belum lagi pesta atau hajatan yang tidak diperbolehkan. Karena itu, aktivitas jual-beli mengalami anjlok dirasakan pedagang Pasar Tridisional saat ini.

“Pedagang rumah makan itu biasanya ambil cabai merah bisa sampai 10 kg ini dikurangi 5 kg. Gitu juga kalau mereka beli cabai hijau, bawang atau tomat jumlahnya dikurangi. Alasan mereka karena PPKM waktu jualan yang terbatas dan mereka juga mengaku pembeli sepi sama kek kami,” jelasnya.

Sedangkan, di Pasar Simpang Limun Medan sejumlah harga pokok juga stabil dan stok yang cukup aman. Harga cabai merah dijual Rp 28.000/kg, cabai hijau Rp 20.000/kg.

Kemudian, bawang merah Rp bervariasi ada yang menjual di harga Rp 28.000/kg dan ada yang menjual di harga Rp 32.000/kg. Harga bawang putih Rp 28.000/kg.

Sementara itu, harga daging ayam juga stabil di harga Rp28.000/ kg. Sebelumnya harga ayam potong dijual di atas Rp30.000/kg. Begitu juga harga daging segar di jual di harga Rp120.000 hingga Rp130.000/ kg.

“Kalau untuk harga ayam sudah sekitar 2 minggu ini kita jual Rp 28.000 /kg. Harga ini menurun biasanya harga ayam selalu diatas Rp 30.000 /kg. Memang dari agen turun karena stok sedang melimpah dan permintaan gak banyak,” tutur pedagang ayam potong di Pasar Simpang Limun, Irman. 

Irman mengatakan PPKM ini juga rumah makan mengurangi pembelian mereka.

“Selain itu, hajatan juga gak ada saat ini. Kalaupun ada acara jumlah yang hadir terbatas kan. Semoga PPKM ini cepat selesailah,” tandas Irman. (sm/gus)

Komentar Anda

Terkini