-->

Tim PKM Universitas Potensi Utama Adakan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Teknologi

Jumat, 06 Agustus 2021 / 20.00

Tim PLM Universitas Potensi Utama adakan pelatihan dan pendampingan berbasis teknologi.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Tim PKM Universitas Potensi Utama mengadakan pelatihan dan pendampingan serta pengembangan bahan ajar berbasis teknologi, kepada guru-guru sekolah Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah, Desa Lama, Kecamatan Hamparan Perak, baru-baru ini. 

Kegiatan ini dilaksanakan atas hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh Tim PKM Universitas Potensi Utama sejak awal tahun 2020. 

Kepala Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah, Bapak Ir. Rafid Rizal menyatakan bahwa, Yayasan Pendidikan ini telah berusaha untuk melakukan proses pembelajaran secara daring sejak awal pandemi Covid-19, sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. 

Namun menurutnya, masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh tenaga pendidik di Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah. 

“Kendala yang para guru kami hadapi di sini lebih cenderung pada kurangnya pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis teknologi, baik yang bersifat modul elektronik hingga video pembelajaran. Kendala tersebut jelas menghambat pelaksanaan pembelajaran secara daring,” ungkap Ir. Rafid Rizal. 

Atas dasar semua kendala yang dihadapi, Rahmi Ramadhani, S.PdI, M.Pd (perwakilan tim PKM Universitas Potensi Utama) mengatakan bahwa, tim PKM bekerjasama dengan Yapim Al-Fattah, untuk melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis teknologi. 

“Oleh karenanya, kami tim PKM Universitas Potensi Utama, bersama Yapim Al-Fattah, melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis teknologi, yang bermanfaat bagi para tenaga pendidik,” ujar Rahmi. 


>> Bertahap


Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa tahap. Kegiatan tahap pertama dilakukan pada 3 April s/d 3 Mei 2021. Kegiatan ini digelar secara tatap muka dan juga dilanjutkan dengan pendampingan secara daring, dengan pemberian pemahaman dasar mengenai bahan ajar dan media pembelajaran. 

“Kami sangat memahami betapa pentingnya keterampilan dalam mengembangkan bahan ajar, khususnya yang berbasis teknologi bagi para guru. Untuk itu, mereka (guru-red) harus dibekali pengetahuan dasar mengenai contoh bahan ajar berbasis teknologi serta aplikasi-aplikasi penunjang dalam mengembangkan bahan ajar,” ungkap anggota tim PKM Universitas Potensi Utama, Muhammad Rizky Mazaly, S.Pd, M.Pd.


>> Aplikasi Penunjang


Beberapa aplikasi penunjang dalam mengembangkan bahan ajar berbasis teknologi yang diperkenalkan dalam kegiatan ini diantaranya adalah SIGIL (dalam mengembangkan modul elektronik), Quizizz dan Kahoot (dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran), dan FastStone Capture (dalam merekam video pembelajaran).  

Penggunaan aplikasi penunjang akan memberikan kemudahan bagi guru dalam mengkreasikan dan mengembangkan bahan ajar berbasis teknologi yang menarik dan interaktif. 

Semua bertujuan agar proses pembelajaran secara daring tetap dapat dilaksanakan dengan baik dan para siswa tetap termotivasi untuk turut serta mengikuti proses pembelajaran. 

“Kegiatan ini benar-benar memberikan pengetahuan dan pandangan baru bagi saya selaku guru, bahwa kehadiran teknologi memiliki banyak manfaat, salah satunya membantu guru menyajikan pembelajaran dengan lebih menarik, mudah, dan interaktif. Tampilan kuis dengan menggunakan aplikasi Quizizz dan Kahoot benar-benar membuat saya sangat antusias mengikuti, apalagi jika siswa yang mengikutinya” ujar Muslim, salah satu guru di Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah. 

Turut hadir di kegiatan ini, Kepala Sekolah SMP Islam Al-Fattah, SMA Islam Al-Fattah dan SMK Islam Al-Fattah. 

“Kami selaku Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah sangat berterima kasih kepada tim PKM Universitas Potensi Utama, karena telah memberikan edukasi tambahan kepada tenaga pendidik di lingkungan yayasan ini, dan sangat bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan techno-pedagogical para guru” terang Kepala SMK Islam Al-Fattah, Ramadhana, yang mewakili kepala sekolah lainnya. 

Pada kesempatan kali ini, tim PKM Universitas Potensi Utama juga memberikan beberapa buku referensi dan buku panduan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis teknologi. 

“Kami juga memberikan beberapa buku referensi dan buku panduan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis teknologi, baik dalam bentuk modul elektronik (e-modul) berbasis SIGIL maupun bahan ajar dalam bentuk lainnya kepada para guru” ungkap Titin Setiawati, S.Kom, M.Sn. (abdi)

Komentar Anda

Terkini