-->

Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual Klikmetro.com

Selasa, 12 Oktober 2021 / 20.59

Wakil Ketua Dewan Pers CH Bangun didampingi Fitri berfoto bersama Pimpinan Umum Maria Handayani Surbakti dan Pimpinan Redaksi Amrizal usai verifikasi faktual klikmetro.com. Rizki/kliimetrom

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Tim verifikasi faktual Dewan Pers dipimpin Wakil Ketua Dewan Pers Hendri CH Bangun didampingi staf Dewan Pers, Fitri mengunjungi Redaksi media online klikmetro.com di Jalan Marelan Raya, Gang Manggis, Kelurahan Tanah 600, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Selasa (12/10/2021). Kedatangan ini dalam rangka verifikasi faktual yang merupakan bagian penting bagi perusahaan pers. 

Kedatangan tim Dewan Pers disambut Pimpinan Umum Maria Handayani Surbakti dan Pimpinan Redaksi Amrizal SH MH didampingi tim redaksi.

Wakil Ketua Dewan Pers CH Bangun bersama tim redaksi klikmetro.com.

Pada tinjauan itu, Hendri CH Bangun mengatakan media online harus update berita-berita terbaru, dan selalu melakukan pengembangan berita, agar cepat dibaca masyarakat.

"Seperti kasus BNN gerebek USU, itu harus diikuti perkembangannya. Karena itu berita besar yang banyak menyita perhatian publik,"sebut Hendri.

Dia menambahkan, setiap foto yang dipublis harus disertakan nama fotografernya. Meskipun itu release berita dari humas pemerintahan. "Dicaption foto harus dibuat siapa fotografernya. Contoh humas kominfo, sebut saja di akhir caption fotonya. Karena itu merupakan hak cipta,"ujarnya lagi.


Wakil Ketua Dewan Pers CH Bangun didampingi staf dewan pers, Fitri melakukan verifikasi faktual klikmetro.com.

Sementara Fitri memeriksa kelengkapan berkas dokumen dan meneliti apakah sesuai dengan yang sudah dikirim sebelumnya melalui website Dewan Pers. 

Hendri juga memberikan beberapa catatan dan koreksi setelah memeriksa dokumen. Dia meminta dilampirkan kode etik jurnalistik dalam boks redaksi. 

Dia mengingatkan kepada redaksi, agar wartawan dalam melakukan peliputan berita memiliki id card media. Selain itu, komplain berita disampaikan ke alamat kantor dan email redaksi. "Dalam bertugas, wartawan harus mematuhi kode etik jurnalistik dan berpakaian rapi. Berita harus update, lakukan cek ricek dan konfirmasi agar berimbang,"imbuhnya.

Saat ditanyakan bagaimana dan apa saja kegiatan untuk meningkatkan eksistensi dan kompetensi wartawan selama ini dan tergabung di organisasi apa. Maria menyebutkan, media siber tergabung di Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), sedangkan untuk wartawan di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Redaksi berterimakasih atas kehadiran tim verifikasi dewan pers untuk verifikasi faktual klikmetro.com. Sebelumnya untuk kelengkapan berkas media online, sudah dinyatakan terverifikasi administrasi.

"Terimakasih tim dewan pers menyempatkan hadir ke kantor kami untuk verifikasi faktual. Terimakasih atas masukan dan koreksinya. Secepatnya kami akan lakukan perbaikan,"kata Amrizal.

Pada kunjungan itu, Dewan Pers memberikan buku saku wartawan sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas-tugas jurnalistik dan meningkatkan profesionalisme sebagai wartawan. (mar/riz)

Komentar Anda

Terkini