Kios Terbakar, Pedagang Gigit Jari Tak Ada Asuransi

Rabu, 13 Oktober 2021 / 14.43

Kebakaran di Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan. Hotlan/ klikmetro

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Sebanyak 8 unit kios semi permanen milik pemerintah daerah hangus dilahap si jago merah di Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang, Selasa (12/10/2021) pukul 11.30 Wib.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran dan beruntung, tidak terdapat korban jiwa akibat insiden tersebut. Namun, para pedagang yang menyewa kios tersebut harus gigit jari karena tak satupun diantara mereka mengasuransikan usaha miliknya.

Pelaksana tugas (plt) Kapolsek Sunggal AKP P. Panjaitan SH. MH melalui Kasi Humas Polsek Sunggal, Aiptu Misrianto kepada wartawan menjelaskan, sedikitnya ada 4 kios yang disewa oleh masyarakat. Keempatnya dimiliki oleh Syahril  (21) pedagang pecel lele, Abdur Rohman (35) pedagang obat Kingseng, Marina Febrianti Sintinjak (Pasaribu) pedagang tuak dan Meliza (26) pemilik warkop Queen.

"Ada 8 kios yang terbakar dan 4 diantaranya disewa masyarakat untuk berdagang," jelasnya.

Dijelaskan Misrianto, menurut keterangan salah seorang saksi, Didik Kurniari, kobaran api tersebut diduga berasal dari warung tuak milik Marina Febrianti (Pasaribu). 

Saat itu, Didik yang duduk di warung mie balap yang persis berada di sebelah warung tuak Pasaribu melihat kepulan asap dari warung tuak tersebut dan Sontak Didik pun keluar warung dan berteriak untuk mengundang perhatian warga.

Sontak warga pun berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Sayang, material kios yang mudah terbakar serta tiupan angin kencang membuat api semakin cepat merambat ke kios-kios lainnya.

Menurut saksi-saksi termasuk kepala lingkungan setempat, diduga api berasal dari warung tuak Pasaribu. Saat itu pemilik warung tidak berada di tempat," kata Aiptu Misrianto.

Tak berselang lama, dua unit mobil damkar milik pemko Medan tiba di lokasi dan memadamkan api. Tidak sampai 1 jam, petugas pun berhasil memadamkan si jago merah.

"Barang bukti yang kita amankan dari lokasi 1 unit kerangka kompor gas, 1 buah tabung gas 3 kg dan sebatang kayu yang telah terbakar," lanjutnya.

Hingga saat ini, petugas juga belum bisa memastikan penyebab kebakaran.

"Nanti, kita tunggu hasil labfor," tutup Aiptu Misrianto.

Saat kebakaran terjadi, turut hadir Plt. Camat Medan Selayang, Kasi Trantib Medan Selayang, unit Lantas Sabhara Reskrim, unit Intel Polsek Sunggal dan Polsek Medan Baru karena berada di perbatasan wilayah hukum Polsek Medan Baru (hot) 

Komentar Anda

Terkini