-->

Sukseskan Program Pemerintah, Ratusan Warga Desa Tembung Ikuti Vaksinasi Covid-19

Jumat, 08 Oktober 2021 / 18.29

Kepala Desa Tembung Misman meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 di aula Kantor Desa Tembung.

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Program vaksinasi tak henti-hentinya dilaksanakan untuk mengejar target sampai ke pelosok pelosok desa. Hal ini agar masyarakat menerima vaksinasi corona virus disease 2019 (covid-19) secara merata untuk mempercepat terbentuknya herd immunity.

Program vaksinasi covid-19 ini juga dilaksanakan Pemerintahan Desa Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang bekerjasama dengan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Kenangan di aula Kantor Desa Tembung, Jumat (8/10/2021).

Pada acara yang berlangsung sedari pagi, sekira pukul 08.30 wib, ratusan warga mulai berdatangan dengan membawa surat undangan vaksinasi yang sebelumnya sudah dibagikan kepala dusun kepada warganya masing-masing.

Masyarakat tampak antusias mengikuti program pemerintah ini. Puluhan warga yang tak kebagian undangan turut datang untuk mendaftar vaksinasi. Pihak penyelenggara membolehkan warga yang tak mendapat undangan untuk divaksinasi dengan syarat membawa fotocopi Kartu Keluarga (KK)dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Kita tidak mempersulit warga untuk mendapatkan vaksinasi. Jika tak mendapat undangan, boleh mengikuti vaksinasi dengan syarat membawa fotokopi KTP dan KK. Tapi tetap kita prioritaskan dulu dengan peserta yang sudah memperoleh undangan, agar tidak terjadi antrian dan vaksinnya mencukupi,"ujar dr Riauati Sinurat MT, Kepala UPT Puskesmas Kenangan yang memimpin kegiatan ini. Turut serta bersamanya, dr Nurhayati dan dr Andalusia Effendi bersama tim tenaga kesehatan (nakes) lainnya.

Riauti menyebutkan, pihaknya menyediakan 500 vial untuk vaksinasi dosis pertama di Desa Tembung ini. Jenis vaksin yang digunakan Sinovac. 

"Kami berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan vaksinasi secara menyeluruh kepada masyarakat. Kami berkordinasi dengan desa-desa di wilayah kerja dan menawarkan vaksinasi agar tercapai herd immunity yang ditargetkan pemerintah. Kita berharap kerjasama dengan masyarakat agar program ini terlaksana dengan baik dan perekonomian kembali pulih seperti sedia kala,"katanya menambahkan, pihaknya telah melaksanakan vaksinasi di sejumlah desa dan kelurahan, seperti Kelurahan Kenangan dan Kenangan Baru, kemudian Desa Amplas, Desa Sambirejo Timur dan Desa Tembung. 

Sementara Kepala Desa Tembung Misman bersama stafnya Iskandar dan Heri terlihat memantau jalannya vaksinasi. Mereka bahkan ikut serta mengatur warga agar tidak terjadi kerumunan dan mengingatkan saling menjaga jarak.

"Saya senang masyarakat di Desa Tembung mendapat vaksinasi. Kita memprioritaskan lanjut usia (lansia) yang duluan memperoleh vaksinasi agar mereka tidak terlalu lama menunggu,"kata Misman di sela kegiatan.

Misman mengakui, selama ini warga sering menanyakan kapan dilakukan vaksinasi di desa mereka. Karena banyak warga, terutama lansia tidak dapat menggunakan handphone android. Sementara kebanyakan vaksinasi terselenggara setelah terlebih dulu mendaftar melalui aplikasi online.

"Kami merasa beruntung sekali pelaksanaan vaksinasi di desa ini. Warga jadi tak repot mencari-cari dimana vaksinasi. Sebelumnya saya sudah meminta kepala dusun untuk memberi undangan vaksinasi kepada warga, tanpa terkecuali. Kami juga mengimbau warga agar mengikuti vaksinasi covid-19 guna menjaga imunitas tubuh dari serangan virus corona,"ujarnya. 

Misman menyatakan salut dan apresiasi kinerja tenaga kesehatan yang tampak tetap semangat melayani warga. Setiap hari berjibaku memberikan vaksinasi terhadap ratusan warga dan mengedukasi agar mematuhi protokol kesehatan.

"Saya berterimakasih sekali kepada tim medis yang tampaknya sabar melayani masyarakat. Diingatkan kepada masyarakat agar selalu mematuhi prokes meski sudah divaksin. Selalu disiplin prokes 5M untuk memutuskan mata rantai penularan covid-19. Pakai selalu masker dalam kegiatan apapun, rajin mencuci tangan, selalu menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luaran,"pungkasnya. ((lubis/mr)

Komentar Anda

Terkini