Perkara Kerugian Negara, Kejari Medan Peroleh Penghargaan KPK

Kamis, 09 Desember 2021 / 22.19

Kajari Medan Teuku Rahmatsyah, SH, .MH.didampingi Kasi Intelijen Bondan Subrata dan Kasi Pidsus Agus Kelana Putra. (f-putra/klikmetro)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari)Medan berhasil memperoleh Penghargaan dari KPK RI dalam Kategori Aparat Penegak Hukum dalam Perkara Dengan Kerugian Negara Terbesar Berdasarkan Hasil Laporan Auditor.

Pemberian Penghargaan itu bertepatan dalam rangka peringatan Hari Antikorupsi sedunia (Hakordia) Tahun 2021 yang berlangsung di Gedung Merah Putih KPK Jakarta Selatan dan diikuti secara virtual oleh Kepala Kejaksaan Negeri Medan Teuku Rahmatsyah, SH, .MH. didampingi para Kasi/Kasubbag.

Penghargaan yang diterima Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan berada satu peringkat di bawah Kejaksaan Tinggi NTT serta bersama dengan Polda Sumatera Utara dan Polres Merauke dalam Kategori Aparat Penegak Hukum dalam Perkara Dengan Kerugian Negara Terbesar Berdasarkan Hasil Laporan Auditor.

Kepala Kejaksaan Negeri Medan Teuku Rahmatsyah, SH, MH menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada KPK RI atas Penganugerahan Penghargaan dan sekaligus menjadikan motivasi bagi Kejaksaan Negeri Medan dalam rangka Penanganan Kasus Korupsi. 

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada KPK atas pemberian penghargaan ini sehingga meambah semangat dalam pemberantasan tindak pidana korupsi khususnya di Kota Medan. "ujar mantan Aspidsus Kejati Aceh Kamis (9/12/2021).

Selain itu, Kajari juga memaparkan pencapaian kinerja Kejari Medan dalam hal pemberantasan korupsi di Kota Medan.

 "Selama kurun Tahun 2021 Kejari Medan menangani Perkara Korupsi dengan perincian : Penyelidikan sebanyak 4 perkara, Penyidikan 6 perkara, serta sedang menyidangkan (Penuntutan) 13 perkara Korupsi dan telah melakukan eksekusi terhadap 10 perkara korupsi,"Lanjut mantan Kajari Pamekasan, yang resmi dilantik sebagai Kajari Medan sejak 10 Agustus 2020 lalu. 

Dalam hal upaya pemberantasan korupsi yang ditangani Kejaksaan Negeri Medan selama kurun 2021 juga telah berhasil melakukan penyelamatan keuangan negara dari pembayaran denda sebesar Rp.1.700.000.000.- , serta dari Pembayaran Uang Pengganti sebesar Rp.529.720.000,- dan dalam bentuk Aset yang bernilai Rp.140.800.000.000.- 

Serta yang terbaru, Kejaksaan Negeri Medan juga telah menyetorkan Tunggakan Denda dan Uang Pengganti sebesar Rp.905.000.000,-  ke Kas Negara dan Rp.90.000.000,-  ke Kas Daerah Provinsi Sumatera Utara.(put)

Komentar Anda

Terkini