-->

Terjaring Razia, 5 Sopir Angkot di Medan Positif Narkoba

Senin, 13 Desember 2021 / 22.08

Sopir angkutan penumpang positif narkoba saat terjaring razia di Jalan Sisingamangaraja Medan. (f-adi/klikmetro) 

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Petugas gabungan Satlantas Polrestabes Medan dan Dinas Perhubungan Kota Medan melakukan razia angkutan penumpang di beberapa titik di Kota Medan. Hal ini sebagai langkah tegas menertibkan angkot ugal-ugalan yang beberapa waktu terakhir ini marak di Kota Medan.

Dalam razia ini, 5 sopir angkot terjaring dan setelah dites urine ternyata positif narkoba.

"Ada lima sopir yang kedapatan positif narkoba," kata Kepala Dishub Medan, Iswar Lubis, Senin (13/12/2021).

Iswar mengatakan, dari 5 sopir tersebut, 4 orang di antaranya kedapatan positif narkoba saat razia di Jalan Sisingamangaraja. Sedangkan satu lagi terjaring saat razia di Jalan Gatot Subroto.

Kelima sopir angkot tersebut kedapatan positif narkoba padahal sedang membawa penumpang. Para sopir itu pun langsung dibawa oleh petugas untuk diserahkan kepada BNN untuk diproses lebih lanjut.

Dalam razia kali ini, petugas juga melakukan pengecekan terhadap pengoperasian angkutan apakah sudah sesuai dengan ketentuan. Petugas juga berhasil mengamankan beberapa armada angkot yang tidak lengkap syarat administrasinya.

"Dari sisi administrasi kendaraan sudah ada beberapa unit kita tahan kendaraannya. Ini akan kita masukan ke kandang sampai dengan dilengkapi persyaratan administrasi teknis dan layak jalannya baru boleh kita keluarkan," ujar Iswar.

Sebelumnya, Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar membenarkan adanya razia angkutan umum dan mengamankan sopir angkot positif narkoba. Sementara pihaknya menahan 3 sopir angkutan Morina 81. Yakni, Raimond (37), Hamonangan (40) dan Timbul (42).

AKBP Sonny mengaku, ketiga sopir ini juga akan direhab untuk disembuhkan dari ketergantungan narkoba jenis sabu - sabu. 

"ketiganya juga korban dari penyalahgunaan narkoba di Medan, " paparnya.  

Disinggung mengenai tiga orang sopir itu menggunakan narkoba di tempat lain, AKBP Sonny Siregar menjelaskan, ketiganya menggunakan narkoba di salah satu kampung yang ada di daerah Belawan. 

"Para sopir menggunakan narkoba di Kampung Kurnia Kota Belawan," jelasnya.

Karena itu terangnya, dirinya berharap kepada ratusan sopir yang ada di Kota Medan tertib administrasi dan lainnya.

 "Sayang diri anda (sopir) dan orang lain jangan menimbulkan masalah di jalan raya. Jangan ada lagi Sopir angkutan umum di Medan terpengaruh narkoba dan minuman keras untuk membawa penumpang," terangnya.  (adi) 

Komentar Anda

Terkini