-->

Tips Awet Muda untuk Perempuan Bekerja, Yuk Lakukan Diet Sehat!

Selasa, 07 Desember 2021 / 14.53

Ilustrasi diet. (f-psi)

KLIKMETRO.COM - Semua orang pasti ingin awet muda, khususnya perempuan. Hal ini lantaran penampilan adalah hal yang paling utama bagi mereka, jadi meskipun usia semakin bertambah, akan tetapi selalu terlihat muda adalah pilihan yang utama. 

Namun, bagi perempuan yang ingin awet muda tentu harus menjalankan trik khusus, salah satunya memperhatikan asupan makanan atau diet vegan. Gaya hidup yang satu ini dipercaya bisa memperlambat proses penuaan dini dan membuat kulit terlihat lebih muda. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2018 oleh American Journal of Epidemiology, rupanya terdapat kaitan antara fungsi sel dengan diet sehat. Dengan kata lain, makanan seperti buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian menjadi faktor yang mampu meningkatkan kesehatan sel dan memperlambat proses penuaan.

Sementara itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh The Lancet Oncology diungkapkan jika pola makan merupakan salah satu hal yang dapat membuat seseorang menjadi awet muda. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan nabati, dan tidak mengkonsumsi daging atau dairy produk. Hal ini lantaran pola makan nabati baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat Diet Sehat 

Diet sehat memiliki banyak manfaat bagi tubuh atau kesehatan. Apa saja? Sebut saja seperti  mencegah serangan jantung, diabetes, sampai dementia.

Selain itu, menjalankan diet sehat juga bisa membantu  mengurangi peradangan di setiap bagian tubuh, yang mana nantinya dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi.

Makanan sehat biasanya mengandung nabati yang memiliki nutrisi luar biasa, seperti vitamin, mineral, antioksidan, hingga fitokimia.

Namun, bagi kamu perempuan bekerja tentunya harus memperhatikan syarat khusus jika ingin menjalankan diet sehat. Kamu harus memperhatikan kualitas makanan yang akan dikonsumsi dalam sehari-hari.

Adapun makanan-makanan tersebut harus memenuhi prinsip gizi sehat seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang dianjurkan saat menjalani diet sehat. Yuk simak!

1. Sayuran Hijau

Bagi perempuan bekerja yang ingin menjalankan diet sehat, kamu disarankan untuk memperbanyak asupan sayuran, khususnya yang berwarna hijau. Perlu kamu ketahui, kalau sayuran hijau ini bisa membantu mengurangi garis-garis halus yang jadi penyebab kerutan pada wajah atau penuaan dini.

2. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, jadi bisa membantu mengatasi penuaan dini. Dengan mengonsumsi alpukat, kulit akan lebih terjaga kelembabannya dan selalu tampak awet muda. Tak jarang, alpukat juga biasanya dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan produk skincare loh. 

3. Bawang Putih

Siapa sangka jika bawang putih termasuk dalam makanan yang harus kamu konsumsi dalam. menjalankan diet sehat. Bawang putih bisa kamu kombinasikan dalam menu makanan yang dikonsumsi. Manfaat bawang putih adalah berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini pada perempuan.

4. Kacang-kacangan

Rajinlah mengonsumsi kacang-kacangan jika ingin terlihat awet muda. Pada kacang-kacangan terdapat sumber protein dan serat yang baik untuk tubuh. Pilihan kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi di antaranya kacang polong, buncis, cannellini, atau kacang hitam. 

5. Salmon

Tahukah kamu kalau salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, jadi baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan diet sehat. Tak kalah penting, salmon juga bisa membantu meminimalisir proses penuaan dini loh. Jadi, jika rajin mengonsumsinya, kamu bisa terlihat awet muda. 

6. Yogurt 

Selain ikan dan sayuran, yogurt juga menjadi salah satu makanan yang bisa melawan penuaan. Yogurt memiliki bakteri baik yang bisa secara efektif memelihara kesehatan tubuh secara menyeluruh.

7. Berry

Hampir semua buah berry memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, yang mana kandungan tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit serta membantu menangkal radikal bebas. Jadi, tidak ada salahnya untuk sering-sering mengonsumsi buah-buahan ini jika ingin tampak awet muda. (artikel/pis)

Komentar Anda

Terkini