-->

Siapkan Ops Ketupat Toba 2022, Ditlantas Polda Sumut Gelar Simulasi Lalu Lintas Dengan TFG

Jumat, 15 April 2022 / 15.12

Ditlantas Polda Sumut  simulasi lalulintas dengan TFG. (f-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM – Operasi kepolisian secara terpusat dengan sandi Ketupat 2022 akan segera digelar di seluruh Indonesia. Untuk itu, Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto SIK MSc memerintahkan Kasat Lantas yang wilayahnya berpotensi mengalami kemacetan, untuk memperagakan simulasi rekayasa lalu lintas dengan metode Tactical Floor Game (TFG).

Diantaranya, Polrestabes Medan, Polres Tanah Karo, Polres Simalungun, Polres Pematang Siantar, Polres Samosir, PolresToba, Polres Serdang Bedagai dan Polres Tebing Tinggi, yang menjadi perhatian Ditlantas Polda Sumut karena merupakan jalur nasional dan jalur favorit bagi para pemudik.

Bertempat di Aula Ditlantas Polda Sumut, Kamis (14/4/2022), agar simulasi efektif, masing-masing Kasat Lantas menjelaskan kerawanan di setiap posnya serta tugas dan peran anggota. Dengan menggunakan media peta besar yang mencakup jalur mudik wilayah Polda Sumut, dan menjelaskan titik-titik kerawanan dan konsep penanggulangan, sehingga dengan metode tersebut, diharapkan para Kasat Lantas mengetahui gambaran kerawanan wilayahnya dan bisa cepat memahami dan menguasai lapangan, terutama tahu dimana lokasi bertugas dan menyiapkan pola dan penanganan saat situasi arus lalu lintas meningkat.

“Siang ini kami telah memberikan gambaran rekayasa lalu lintas apabila wilayah yang menjadi prioritas terjadi kemacetan dengan metode Tactical Floor Game, dan disaksikan langsung oleh Wadirlantas Polda Sumut, PJU Ditlantas Polda Sumut bersama dengan ASDP, Dishub dan Jasa Marga Kabupaten/Kota,” ungkap Kabag Bin Opsnal Ditlantas Polda Sumut AKBP Edi Bona Sinaga SH.

Lanjutnya, Dirlantas Polda Sumut akan memastikan jajarannya bakal melakukan pengamanan selama 24 jam penuh di pos pengamanan yang telah tersedia saat arus mudik lebaran tahun 2022, dan mengupayakan arus lalu lintas lancar sehingga para pemudik selamat sampai di tujuan. Beliau juga memohon kerjasama masyarakat agar bisa tertib saat berlalulintas untuk mudik, maupun berwisata.

“Kita juga sudah berkordinasi dengan pihak tol melalui Kasat Lantas, untuk menyiapkan pegawai yang membantu masyarakat melakukan tapping kartu tol, dan mendatangi setiap kendaraan di pintu gerbang tol, supaya menghindari kemacetan panjang pada saat di pintu exit tol,” ujar Wadirlantas Polda Sumut AKBP Erwin Suwondo SIK MIK. (in)

Komentar Anda

Terkini