Gudang Pabrik PT Karindo Sakti Sergai Terbakar

Selasa, 24 Mei 2022 / 14.34

Gudang Pabrik PT Sumber Karindo Sakti di Sergai terbakar.(f-ist)

TEBING TINGGI, KLIKMETRO.COM - Pabrik Pengolahan Kayu Falet Rambung/Karet dan Pinus PT. Sumber Karindo Sakti (PT. SKS) mengalami kebakaran pada Senin (23/5/2022) malam, sekira pukul 18.30 WIB.

Pabrik tersebut berada di Dusun II Desa Penggalangan Kec. Tebing Syahbandar Kab. Serdang Bedagai (Sergai), terang Kasi Humas Polres Tebingtinggi AKP Agus Arianto kepada wartawan dalam keterangan pers pada Selasa (24/5/2022) pagi, sekira pukul 09.00 WIB.

"Benar, ada kejadian kebakaran diwilayah hukum Polres Tebingtinggi, tepatnya pabrik pengolahan kayu Rambung milik PT. Karindo Sakti di Kec. Tebing Syahbandar, Kab. Segai. Sumber api diperkirakan berasal dari mesin blower/pemanas steim," kata AKP Agus.

Adapun kronologis kebakaran pertama kali diketahui oleh saksi bernama Suhartono, Lk (46) warga Dusun II Desa Penggalangan Kec. Tebing Syahbandar, Sergai, saksi Suhartono juga merupakan karyawan pada pabrik yang terbakar itu.

Saat itu saksi Suhartono sekitar pukul 16.00 WIB, pulang kerja langsung pergi mencari rumput untuk ternak, sewaktu ia pulang mencari rumput melintas dari sekitar TKP dan mencium bau asap kebakaran, kemudian saksi melihat ke arah pabrik dan melihat banyak asap yang mengepul keluar dari dalam blower. 

Selanjutnya, melihat kejadian itu, saksi Suhartono bergegas memanggil temannya H. Harianto, dan menyampaikan kejadian kebakaran di pabrik tersebut dan segera mendatangi TKP. 

Setibanya di pabrik, Suhartono dan H. Harianto sudah melihat blower api terbakar. Mereka lalu berusaha  berusaha memadamkan api.

"Api dapat dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB, setelah tim pemadam kebakaran dari Pemko Tebingtinggi mengerahkan 5 (lima) unit mobil Damkar dan (tiga) unit Damkar dari Pemkab Sergai juga ikut memadamkan api di lokasi PT. Sumber Karindo Sakti bersama tim Personil Polsek Tebingtinggi serta karyawan PT. Sumber Karindo Sakti,"ungkap AKP Agus.

Kejadian kebakaran itu telah dilaporkan kepada pihak Kepolisian Resort Tebingtinggi oleh Derektur Operasional pabrik Muji Santoso, Lk (54) warga Dusun II Desa Penggalangan Kec. Tebing Syahbandar Kab. Sergai.

"Adapun barang yang terbakar yakni 1 (satu) unit mesin blower, Soun Timber Kering (STK) yang disimpan di dalam gudang (jumlah belum dapat di taksir), Seng dinding bangunan gudang penyimpanan Soun Timber Kering dan untuk total kerugian akibat kebakaran itu, sementara ini belum dapat ditaksir/dihitung," kata Kasi Humas mengakhiri. (ar)

Komentar Anda

Terkini