Pelantikan 304 Kades, Bupati DS: Wujudkan Masyarakat Sejahtera!

Jumat, 20 Mei 2022 / 19.36

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan melantik 304 kades terpilih.(f-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan melantik 304 Kepala Desa hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang I dan satu kades pengganti antar waktu (PAW) di Alun-Alun Pemkab Deli Serdang, Jumat (20/5/2022).

Bupati menekankan kepada para kades untuk menjalankan roda pemerintahan dalam rangka pencapaian tujuan yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

"Mulai hari ini, saudara-saudara resmi menjadi bagian dari aparat penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Deli Serdang yang bersama-sama dengan pemerintah kecamatan maupun pemerintah kabupaten  ditugaskan untuk melaksanakan amanah dari masyarakat," tegas Bupati. 

Kepala desa merupakan kepala pemerintahan pada tingkat desa yang bertanggung jawab kepada bupati melalui camat yang bertugas untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan.

Dalam kaitan dengan pelaksanaan pembangunan desa, tegas Bupati, nantinya akan didukung dana besar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Desa maupun dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui Alokasi Dana Desa (ADD), dan bagian dari hasil pajak dan retribusi daerah. 

"Sebagai pengguna anggaran, kepala desa diberi kewenangan dan tanggung jawab sepenuhnya untuk melaksanakan pembangunan desa yang berorientasi pada upaya memajukan desa dan perekonomian masyarakat desa," ucap Bupati. 

Kepala desa, pesan Bupati, harus melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang baik untuk dapat melakukan percepatan pembangunan di desa, dengan tetap melibatkan para stakeholder utama di desa, sehingga meskipun telah diberikan dukungan dana besar namun pembangunan melalui keswadayaan dengan mengedepankan nilai-nilai kegotong-royongan masyarakat sebagai bagian dari keistimewaan desa dapat tetap terjaga.

"Saya minta agar saudara-saudara untuk bisa menghidupkan kembali Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM) yang telah kita buktikan mampu mempercepat pelaksanaan pembangunan di Deli Serdang melalui dukungan bersama antara pemerintah, masyarakat dan para pengusaha. Buktikan kehadiran saudara-saudara sebagai kepala desa mampu membawa perubahan yang besar, khususnya untuk perubahan Deli Serdang ke arah lebih baik sekaligus pada bagian yang lebih luas kita juga dapat mewujudkan cita-cita pemerintah yang dikenal dengan Desa Membangun Indonesia," tandas Bupati.

Dalam melaksanakan tugas, Bupati mewanti-wanti agar para kepala desa tidak terlena hanya menjadi seorang birokrat, namun harus menunjukkan sikap sebagai seorang pemimpin, pamong, serta sosok ayah dan ibu yang mampu memberi rasa aman, nyaman dan tentram bagi seluruh masyarakat.  

"Tantangan dan hambatan pasti akan kita hadapi, namun jadikan itu sebagai pendorong semangat untuk menempatkan saudara sebagai sosok pelayan masyarakat yang dicintai," pungkas Bupati. 

Di akhir sambutan, Bupati kembali berpesan agar para kepala desa bekerja dengan tulus dan ikhlas serta semangat tinggi. Menggali setiap potensi yang ada dengan mengedepankan kearifan lokal. 

"Jadikan masyarakat kita berpikir maju, tapi tetap bersikap dan berbudaya mengikuti ajaran-ajaran mulia orang tua kita dan agama. Kenali-kendala yang ditemui di lapangan. Bangun komunikasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh stakeholder, dan jadilah bagian dari upaya mewujudkan visi misi kabupaten, Deli Serdang yang maju, sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan," tutup Bupati. 

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Drs Khairul Azman dalam laporannya menjelaskan, pelantikan diikuti 304 kepala desa hasil Pilkades serentak gelombang 1 tahun 2022, ditambah satu kades antar waktu, yakni Kepala Desa Pulau Tagor Baru, Kecamatan Galang.

Penyerahan SK Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Desa diberikan secara simbolis kepada 22 kepala desa perwakilan setiap kecamatan serta penyematan diberikan kepada delapan kepala desa dari tiga agama.

Pelantikan kepala desa ini dihadiri Wakil Bupati Deli Serdang  HMA Yusuf Siregar, Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri, Sekretaris Daerah Darwin Zein SSos, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua PKK Deli Serdang Ny Hj Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua PKK Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Herawati Darwin Zein, para asisten, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, camat, serta stakeholder dari desa yaitu Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat desa dan undangan lainnya. (lbs)
Komentar Anda

Terkini