-->

BKM Jamik Ubudiyah Medan Perjuangan Gelar Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam 1444 H

Sabtu, 30 Juli 2022 / 20.47

Peserta pawai obor menyambut Tahun Baru Islam I Muharram 1444 H. (ft/istimewa)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Badan Kenaziran Masjid (BKM) Jamik Ubudiyah  Gang Tangga Batu Kelurahan Sidorame Barat II Medan Perjuangan, menggelar acara pawai obor menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah, Jumat malam (29/7/2022).

Pawai obor yang melibatkan anak anak SD, SMP serta ratusan warga Kelurahan Sidorame Barat I dan II tersebut, dilepas seusai sholat Isya oleh Lurah Mangasitua Pasaribu mewakili Camat Medan Perjuangan didampingi Ketua BKM Jamik Ubudiyah Rahman Siregar dan Iptu Wahyuno dari Polsek Medan Timur.

Baik ketua BKM, Lurah dan mewakili Polsek Medan Timur  mengharapkan, kiranya kegiatan tersebut dapat lebih mempererat tali silaturrahim.

"Insha Allah, kegiatan ini menjadi agenda rutin kita setiap tahunnya," kata Syahdin Setia Budi Pane yang juga Camat Kecamatan Patumbak Deli Serdang didampingi Kordinator lapangan Aliamsyah Hasibuan.

Sementara Ketua Panitia Pawai Obor Muhammad Yunan Siregar mengatakan, para peserta pawai  sangat antusias dan penuh sukacita jalan berkeliling meliputi rute Gang Tangga Batu – Pelita 1 – Jalan Rakyat – Jalan Pelita 4, yang finish kembali ke Masjid Jamik Ubudiyah.

”Iring iringan peserta pawai yang mendapat pengawalan mobil petugas kepolisian dan mobil ambulans serta becak dan sepeda motor sambil mengumandangkan salawat dan puji pujian kepada Allah SWT, sebagai ungkapan rasa syukur karena masih diberi berkah umur bertemu dengan tahun 1444 Hijriah,” kata Yunan.

Menurutnya, kegiatan pawai obor itu, selain sebagai salah satu bentuk syiar, juga dapat memperkokoh jalinan silaturrahim antar sesama kaum muslim terutama jamaah Masjid Jamik Ubudiyah.

Ditambahkan, tradisi pawai obor dalam menyemarakkan perayaan Hari Besar Islam itu, baru kali ini pertama kali dilaksanakan.

Sementara, salah seorang ibu rumah tangga warga Gang Wongso yang ikut dalam rombongan pembawa api obor, Zam Zam Jamilah SH, MH, sambil berjalan kaki mengungkapkan rasa senangnya mengikuti pawai tersebut.

”Kami sangat mendukung dan mengapresiasi terlaksananya pawai obor ini, sebab dari sini banyak nilai positifnya yang bisa diambil, diantaranya rasa kebersamaan dan sikap bahu membahu melancarkan kegiatan yang bernafaskan keislaman,” katanya didampingi ibu ibu yang lain.

Beberapa orang pengendara sepeda motor, secara senada menuturkan bahwa mereka sudah lama tidak menyaksikan pawai obor seperti itu. 

”Pawai obor ini, sangat memaknai penyambutan Tahun Baru 1 Muharam serta menjadi hiburan bagi masyarakat, karena itu kami ikut berjalan antri di belakang iring iringan pembawa obor untuk bisa menyaksikannya,” ungkap mereka.

Kegiatan pawai obor tersebut, berlangsung tertib dan lancar dan diisi dengan pemberian tali asih kepada para peserta dan quiz berhadiah. (sit)

Komentar Anda

Terkini