-->

Pemko Medan Gelar Salat Iduladha di Lapangan Gajah Mada Jalan Krakatau

Jumat, 08 Juli 2022 / 17.36

Pemerintah Kota Medan mempersiapkan Lapangan Gajah Mada untuk pelaksanaan Salat Iduladha.(f-kominfo medan)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Pemerintah Kota Medan akan menggelar Salat Iduladha di Lapangan Gajah Mada, Jalan Krakatau, Minggu (10/7/2022) pagi. Pekerjaan mempersiapkan Lapangan yang terlokasi di Kelurahan Pulo Brayan Darat I,  Kecamatan Medan Timur itu telah pula dilakukan. Sampai Jumat (8/7/2022),  para petugas tampak terus melakukan pembersihan dan pembenahan  Lapangan yang merupakan milik Pemko Medan itu. 

Pekerjaan yang dilakukan antara lain merapikan, menata serta membebaskan  Lapangan itu dari lumpur liar dan semak. Tidak hanya itu, petugas dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan melakukan pemangkasan terhadap ranting-ranting pohon.

Selain itu, para pekerja juga meratakan permukaan tanah agar jamaah dapat menunaikan ibadahnya dengan baik. Untuk memperlancar pekerjaan itu sejumlah alat berat pun diturunkan antara lain greder, dumptruk, dan mobil tangga.

Tampak Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Medan, Muhammad Sofyan memantau langsung para petugas mempersiapkan Lapangan itu sebagai lokasi Salat Iduladha. Turut hadir bersama Sofyan antara lain Kadis Pemuda dan Olahraga Pulungan Harahap, Kadis Kebersihan dan Pertamanan S.I. Dongoran,Kepala Satpol PP Rakhmat, serta Camat Medan Timur, Noor Alfi Pane, dan Kabag Kesra Setdako Medan, M. Ali Hanafiah.

Menjelang sore, Sofyan juga memimpin rapat langsung di lokasi bersama pimpinan OPD terkait guna memastikan agar pelaksanaan Salat Iduladha ini terlaksana dengan baik.

Muhammad Sofyan mengatakan, Salat Iduladha yang digelar Pemko Medan di Lapangan Gajah Mada Jalan Krakatau ini akan dimulai pada pukul 7.15 WIB.

"Bertindak sebagai Imam dalam Salat Iduladha ini adalah Drs. H. Syaifuddin Hazmi Lubis yang merupakan qori nasional sekaligus ketua IPQOH Medan. Sedangkan Khatib adalah Drs. H. Ilyas Halim, M.Pd yang merupakan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama," sebut Sofyan seraya mengajak umat muslim Kota Medan menunaikan Salat Iduladha di Lapangan Gajah Mada ini.

Dijadwalkan Wali Kota Medan Gubsu Edy Rahmayadi, unsur Forkopimda Sumut,  Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan unsur Forkopimda Medan akan menunaikan Salat Iduladha bersama masyarakat di Lapangan ini. Usai Salat Iduladha, di Lapangan milik Pemko Medan ini juga dilakukan acara ramah tamah dan penyembelihan hewan kurban Pemko Medan. Dari 89 ekor lembu kurban ASN Pemko Medan, sebanyak 4 ekor disembelih di Lapangan Gajah Mada ini. Selebihnya disembelih di wilayah kecamatan dan kelurahan serta dibagikan ke masyarakat setempat.

Selain menyiapkan fasilitas berwudhu, penyelenggara juga telah menyiapkan lokasi-lokasi parkir, termasuk di halaman SDN yang berada tidak jauh dari dari Lapangan tersebut.

Di samping menggelar Salat Iduladha, Pemko Medan juga menggelar Takbiran Malam Iduladha pada Sabtu (9/7/2022) di halaman depan kantor Wali Kota Medan. Persiapan untuk malam takbiran ini pun telah dilakukan. Diharapkan takbiran malam Iduladha ini dapat berjalan dengan khidmat dan kian menguatkan keimanan dan ketakwaan umat muslim ibu kota Sumatra Utara ini.(rel)

Komentar Anda

Terkini