Puluhan Rumah di Binjai Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Minggu, 17 Juli 2022 / 19.48

Atap rumah warga terbang akibat angin puting beliung. (f-ist)

BINJAI, KLIKMETRO.COM - Musibah angin puting beliung melanda Kota Binjai, Sumatera Utara. Puluhan rumah dikabarkan rusak akibat amukan angin kencang, Jumat (15/7/2022) malam.

Informasi yang dihimpun, puluhan rumah yang terdampak angin puting beliung berada di Kecamatan Binjai Utara dan Binjai Barat, Kota Binjai.

Koodinator Pusdal Ops BPBD Binjai, Surya mengatakan rumah rumah yang terdampak mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Selain itu, angin puting beliung juga mengakibatkan beberapa pohon tumbang.

“Laporan sementara, hujan deras disertai angin kencang atau puting beliung mengakubatkan 81 rumah dan 1 Fasilitas umum ((Fasum) beserta pohon tumbang. Rumah itu berada di tujuh Kelurahan, dua Kecamatan yaitu Binjai Utara dan Binjai Barat. Kejadian tersebut juga telah menumbangkan beberapa belasan pohon hingga memutus aliran PLN dan menutup ruas jalan, “jelas Surya, dikutip Minggu (17/7/2022).

Di Kecamatan Binjai Utara, kata Surya, rumah yang terdampak di antaranya berada di Kelurshan Nangka sebanyak lima rumah, Kelurahan Jati Karya empat rumah, Kelurahan Jati Makmur 23 rumah, Kelurahan Pahlawan 28 rumah, Kelurahan Kebun Lada empat rumah.

Kemudian, di Kecamatan Binjai Barat diantaranya Kelurahan Limau Mungkur sebuah Mushola Ar Ridho, dan Kelurahan Paya Roba 17 rumah.

“Korban jiwa nihil, korbsn luka juga nihil. Untuk jumlah kerugian masih dalam pendataan, “papar Surya.

Pusdalop, katanya, terus melakukan koordinasi bersama pihak Kelurahan dan Kecamatan dalam melakukan update data terkait pasca bencana.

Satgas BPBD Kota Binjai bersama warga terus berjibaku dalam evakuasi pohon dan rumah terdampak. Serta tetap stanby dilokasi pasca bencana puting beliung dan membantu warga apabila membutuhkan dalam melakukan evakuasi, “pungkasnya.(lung)

Komentar Anda

Terkini