Target Selesai 2023, Bobby Ingin Jadikan Danau Martubung Wisata Air di Medan

Jumat, 22 Juli 2022 / 23.53

Wali Kota Medan Bobhy Naaution meninjau Danau Martubung.(f-kominfo medan)

MEDAN, KLIKMETRO.COM -Pemko Medan ingin menjadikan Danau Martubung sebagai kolam resapan untuk mengatasi banjir yang selama ini terjadi.

Di samping itu danau buatan yang memiliki luas sekitar 10 hektar ini juga akan dijadikan wisata air guna menunjang ekonomi warga sekitar. Ditargetkan, akhir 2023 pembangunannya selesai.

Hal ini terungkap ketika Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau Danau Mertubung di Perumahan Griya Martubung Jalan Tanggul Raya, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Jumat (22/7/2022) petang.

Dikatakan Bobby Nasution, awal pembangunan tahap pertama yang dilakukan yakni memfungsikan Danau Martubung untuk penanggulangan banjir di kawasan tersebut. Seperti diketahui, ungkapnya, kawasan itu rawan banjir. Setiap hujan deras, banyak rumah warga yang tergenang.

"Kita akan jadikan Danau Martubung menjadi kolam resapan. Fungsi utamanya untuk penanganan banjir. Ada sekitar 1 hektar di area kolam yang akan kita jadikan kolam penampungan dan airnya nanti kita kembalikan lagi ke Danau Martubung. Kita akan minta tambahan lagi dari Dinas Lingkungan Hidup," kata Bobby Nasution.

Diungkapkan orang nomor satu di Pemko Medan ini, Dinas Lingkungan Hidup minta tambahan lagi untuk Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sehingga air yang masuk ke dalam Danau Martubung benar-benar dapat dijadikan treatment untuk airnya.

Selain untuk penanganan banjir fungsi utamanya, kata Bobby Nasution, juga harus bisa dilihat dari sisi ekonomi. Sebab, kolam penampungan dapat juga dijadikan tempat wisata.

"Setelah kolam penampungan kita bangun dan buat bagus serta fungsi utamanya sebagai penanganan banjir telah berfungsi, barulah fungsi berikutnya untuk penunjang ekonomi di sekitar kawasan tersebut. Itu nanti melalui pariwisatanya. Mudah-mudahan nanti bisa menikmati wisata air di Danau Martubung ini," ungkapnya.

Didampingi Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH, Kadis Pekerjaan Umum Kota Medan Topan OP Ginting, Kadis Lingkungan Hidup Zulfansyah Ali Syahputra dan Kadis Kebersihan dan Pertamanan SI Dongoran, Bobby Nasution memperkirakan pembangunan kolam resapan akan selesai akhir 2023.

"Tahap awal kita lakukan pemasangan pancang dulu, barulah tahun depan pembangunan kolam resapan sekalian untuk retensi dan treatment airnya," paparnya.

Setibanya di lokasi, Bobby Nasution langsung berjalan menuju Danau Martubung. Saat itu tengah dilakukan pemasangan pancang. Menantu Presiden Joko Widodo itu mengamati pemasangan pancang. Kemudian, Bobby melihat gambar pembangunan kolam resapan yang akan dilakukan. Suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu minta pengerjaan yang dilakukan sesuai dengan perencanaan sehingga mampu mengatasi banjir yang selama ini dikeluhkan warga.(mar)
Komentar Anda

Terkini