-->

FKM Deli Serdang 2022 Berakhir, 53 UMKM Dapat Omset Rp138.372.000

Senin, 17 Oktober 2022 / 14.58

Wabup Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar menutup FKM 2022. (f-kominfo deli serdang)

TANJUNG MORAWA, KLIKMETRO.COM - Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menutup Festival Kreasi Motif (FKM) Deli Serdang Tahun 2022 di Suzuya Plaza, Kecamatan Tanjung Morawa, Minggu (16/10/2022).

Dalam sambutannya, Wabup menyebutkan euforia kegemilangan dan kesuksesan penyelenggaraan FKM Deli Serdang telah sampai pada puncak perayaan.

Aneka kegiatan mulai dari fashion show, talk show, pameran, bazar UMKM, bahkan berbagai perlombaan telah dilaksanakan.

"Kita patut bersyukur, dalam pelaksanaan festival ini dapat berjalan lancar. Saya berharap keberhasilan yang telah dicapai senantiasa menjadi pacuan dan motivasi untuk melahirkan karya-karya terbaik. Meskipun ada kekurangan di sana-sini, harus tetap dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi pelaksanaan kegiatan tahun mendatang," kata Wabup.

Ditegaskan Wabup, Bangsa Indonesia merasa bangga ketika Unesco menetapkan batik Sebagai warisan budaya dunia tak benda dari Indonesia. Dan hal ini tentu sangat berdampak di Kabupaten Deli Serdang.

"Batik Deli Serdang yang memiliki berbagai keunggulan, di antaranya motif beragam, nilai  seni dan warisan budaya yang sangat tinggi, menggunakan pewarna alam, desainer modern yang menarik serta dikerjakan dengan tangan, yang dimaknai sebagai batik tulis, batik cap dan kombinasi, memberi manfaat bagi masyarakat di kabupaten ini, khususnya para pelaku UMKM," papar Wabup.

Keberhasilan dalam mempercepat kebangkitan produk-produk buatan lokal dalam mengembangkan batik, sambung Wabup, membuktikan peran, dedikasi dan kecintaan para pembatik, seniman, juga industriawan yang tulus. Dan hal itu patut untuk terus dilestarikan.

"Tinggal tugas kita selanjutnya, bagaimana mengajak generasi muda untuk terus mencintai batik. Mengajak masyarakat untuk mengenakan dan mengagumi batik. Kita semua wajib mengemban budaya dan mengembangkan kreativitas seni batik Deli Serdang. Mari kita berjuang bersama memajukan batik di Deli Serdang. Dengan memakai produk buatan UMKM dan tanamkan dalam diri, bangga berbatik Deli Serdang," tegas Wabup.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan, menjelaskan FKM Deli Serdang tahun 2022 dilaksanakan sejak Kamis (13/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022).

Tujuan pelaksanaan FKM tersebut adalah untuk mempromosikan motif khas Kabupaten Deli Serdang, produk-produk UMKM dan ekonomi kreatif Kabupaten Deli Serdang kepada masyarakat Deli Serdang, khususnya dan Sumatera Utara, pada umumnya.

Selain itu juga, demi menggerakkan masyarakat untuk bangga membeli dan menggunakan produk UMKM lokal Deli Serdang maupun nasional buatan anak bangsa, serta sebagai wadah apresiasi bagi para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Deli Serdang.

FKM tersebut diikuti 53 UMKM binaan Dekranasda Deli Serdang, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Deli Serdang, hotel, galeri Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Deli Serdang, serta Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deli Serdang.

"Selama empat hari pameran, 53 UMKM Deli Serdang yang mengikuti berhasil memperoleh omset Rp138.372.000 dengan rata rata perhari Rp34.595.661. Dan perorang Rp2.882.971. Alhamdulillah saya ucapkan. Dengan adanya kegiatan ini benar adanya dapat membantu meningkatkan pendapatan UMKM," papar Ketua Dekranasda Deli Serdang.

Di akhir acara, dilakukan pengumuman pemenang Lomba Mewarnai, dengan Juara Harapan 3, Azkhayra dari (KB Humaira); Juara Harapan 2, Syakira Antara Putri (TK Surya Pelangi); Juara Harapan 1, Nayla Fazzila Sihotang (TK IT Siti Khadijah); Juara 3, Hilda Rizki Aulia (TK Syafins Family); Juara 2, Sakira Nu Afifah (KB Bintang Harapan); Juara 1, Marwah Hairuni (TK Salwa Abibah Anwar).

Untuk Lomba Fashion Show OPD, Juara Harapan 3, Ir H Herry Lubis dan Ny Hj Enny Agus (Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Deli Serdang); Juara Harapan 2, Drs Ibnu Hajar dan Ny Endah Evayanti (Camat Pagar Merbau); Juara Harapan 1, Danang Purnama Yuda dan Ny Seila Dewina Siregar (Camat Sunggal); Juara 3, Alpin Hasibuan SH MSi, dan Dr Dra Hj Miska Gewasari MM (Kadis Kominfostan); Juara 2, Ismail dan Ny Nana Diana (Camat Tanjung Morawa); Juara 1, Drs Binsar Sitanggang MSP dan Ny Eva Br Sinurat SE (Kadis Ketenakerjaan), dan Busana Terbaik, Era Permata Sari (Kasian P3AP2KB).


Sertifikat diberikan kepada perwakilan peserta, Kaos Awak, Caca Jamur, Artinya Collection.

Piagam Sponsor, PT Suryatama Mitra Perwita (Suzuya Mall Tanjung Morawa), Bank Sumut Cabang Lubuk Pakam, PT Maju Jaya Pohon Pinang, PT Tribun Medan, PT Indako Tranding, Vicee.

Turut hadir di acara itu, Ketua DPRD Deli Serdang Zaky Shahri SH beserta istri; Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deli Serdang, Darwin Zein SSos; Wakil Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam, Hj Dian Ingrasanti Lubis SAg SH MH;  Ketua Dekranasda Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan; Wakil Ketua Dekranasda Deli Serdang, Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar; Ketua Darma Wanita Deli Serdang, Ny Herawati Darwin Zein; Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Citra Effendy Capah MSP; Asisten Administrasi Umum, Deddy Maswardy SSos MAP; para staf ahli, kepala bagian, dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat se-Kabupaten Deli Serdang. (lbs)
Komentar Anda

Terkini