RSUP H Adam Malik Siap Tangani Kasus GGA

Rabu, 26 Oktober 2022 / 19.08

Rumah Sakit H Adam Malik Medan. (f-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik siap menjadi rumah sakit rujukan dalam menangani kasus gangguan ginjal akut (GGA) yang menimpa anak-anak dalam sepekan terakhir. Kesiapan itu dibuktikan RS Adam Malik membentuk tim penanganan sejak akhir Agustus 2022 untuk kasus GGA.

Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak MIKom mengatakan Kemenkes sudah menginstruksikan kepada semua kabupaten/kota untuk melakukan surveilans dari kasus yang sudah ada.

"Kemenkes sudah membuat surat edaran resmi. RS Adam Malik sudah membuat tim penanganan sejak akhir Agustus 2022 untuk penanganan kasus GGA yang dirujuk ke sini," katanya, Selasa (25/10/2022).

Ia mengatakan tim penanganan itu gabungan beberapa dokter anak konsultan ginjal infeksi, pernafasan, intensiv care, saraf, gastro, tumbuh kembang anak, dan dokter lainnya seperti bedah anak, bedah urologi, anesthesi dan penunjang (lab, radiologi).

Ia menyebutkan, sampai hari ini yang dirawat RS Adam Malik untuk kasus GGA ada 10 pasien. Dengan rincian tujuh pasien meninggal dunia, satu pasien Pulang Berobat Jalan (PBJ) dan dua pasien sedang dirawat.

Kedua pasien yang sedang dirawat masuk ke RS Adam Malik pada 22 dan 23 Oktober 2022. Kedua pasien ini sedang dalam perawatan intensif. "Keduanya juga terdaftar sebagai pasien dengan jaminan BPJS Kesehatan," tandasnya. (sit)

Komentar Anda

Terkini