-->

BMKG Imbau Warga Belawan Waspadai Banjir Rob Ketinggian 2 Meter

Selasa, 08 November 2022 / 21.49

Kondisi banjir rob di Belawan. (f-ist/int)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - BMKG Wilayah II Maritim Belawan memprediksi akan terjadinya banjir rob di Belawan bertepatan dengan terjadinya fenomena alam Gerhana Bulan, Selasa (8/11/2022).

Kepala Meteorologi Maritim Belawan, Sugiyono mengimbau masyarakat pesisir pantai, agar waspada terhadap banjir rob di Belawan yang diprediksi akan terjadi pada jam 00.00 WIB hingga jam 03.00 WIB pada Selasa 8 November hingga 12 November 2022.

Lanjutnya, ia memprediksi ketinggian air banjir rob berkisar 2,3 meter hingga 2,6 meter.

"Dari prediksi Meteorologi Maritim II Belawan, pukul 00.00 WIB hingga 03.00 WIB akan terjadi Bajir Air Pasang, fenomena ini diprediksi hingga 12 november nanti dengan ketinggian air 2,3 hingga 2,6 meter," ucap Sugiyono.

Sugiyono mengatakan banjir rob terjadi bukan disebabkan karena adanya fenomena gerhana bulan, tetapi akibat bulan purnama.

"Soal Gerhana Bulan yang akan terjadi nanti malam, itu tidak berdampak dengan banjir rob, karena banjir rob itu akibat Bulan Purnama," pungkasnya.

Dia menyebutkan, peristiwa ini akan berdampak kepada aktivitas di pelabuhan dan pesisir, serta kemungkinan akan menggangu arus lalulintas.

Sugiyono berharap, masyarakat tetap waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari banjir rob, serta lebih memperhatikan update BMKG Maritim II Belawan.

"Ini akan berdampak di pelabuhan dan pesisir serta arus lalulintas berkemungkinan terganggu. Maka saya harap warga tetap waspada dan siaga serta lebih memperhatikan update yang kami berikan agar dapat mengetahui banjir rob ini," tegasnya. (int)

Komentar Anda

Terkini